Minuman Herbal Alami untuk Hilangkan Dahak Membandel | Breaktime
4 Herbal Drinks untuk Meluruhkan Dahak Membandel
03.08.2015

Dahak sering kali muncul bersamaan dengan pilek, batuk,  dan juga penyakit saluran pernapasan lainnya. Meskipun dahak tidak membahayakan, tentu sangat mengganggu kenyamanan Anda. Jika tidak segera ditangani dengan tepat, dahak bisa menimbulkan penyakit yang lebih serius, sebut saja bisa menyumbat saluran pernapasan dan memicu infeksi saluran bronkial.

Nah, Breaktime punya 4 resep minuman herbal yang bisa mengusir dahak. Coba, yuk!

Air hangat dicampur garam

Gunakan air garam untuk berkumur
Gunakan air garam untuk berkumur

Salah satu cara termudah untuk menghilangkan dahak dari tenggorokan adalah berkumur dengan air hangat yang telah dicampur dengan garam. Air hangat akan bisa mengatasi iritasi pada tenggorokan dan garam ampuh mengusir kuman dan bakteri penyebab dahak.

Campurkan ¼ sendok makan garam beryodium dengan 1 gelas air hangat, kemudian berkumurlah dengan larutan tersebut. Ulangi berkumur dengan larutan garam ini beberapa kali dalam sehari.

Air jahe dicampur dengan madu

Jahe merupakan pelega alami yang sangat bagus untuk usir dahak
Jahe merupakan pelega alami yang sangat bagus untuk usir dahak

Jahe adalah salah satu natural decongestant atau pelega alami yang telah lama digunakan untuk menyembuhkan berbagai gangguan tenggorokan. Selain itu, jahe juga sangat ampuh dijadikan antibacterial agent yang bisa mengusir bekteri penyebab timbulnya dahak di saluran pernapasan.

Ambilah satu ruas jari jahe segar, iris tipis kemudian didihkan dengan satu gelas air. Biarkan mendidih beberapa menit kemudian tambahkan 2 sendok makan madu. Konsumsi campuran air jahe ini 2 hingga 3 kali dalam sehari. Sebagai alternatif lainnya, Anda bisa mengunyah jahe segar dan juga memasukkannya ke dalam berbagai masakan harian.

Air kunyit

Kandungan antiseptik yang terdapat pada kuntit mampu luruhkan dahak
Kandungan antiseptik yang terdapat pada kuntit mampu luruhkan dahak

Kunyit merupakan bumbu dapur yang mengandung antiseptic properties yang dapat menurunkan produksi dahak dengan membunuh bakteri yang menyebabkannya. Selain itu, kandunagn vitamin C yang terdapat di dalamnya bisa menguatkan sistem kekebalan tubuh.

Cara membuat air kunyit ini sangat mudah, tambahkan satu sendok teh bubuk kunyit ke dalam segelas susu hangat. Minum 2 kali sehari, di pagi dan malam hari sebelum tidur.

Teh herbal

Chamomile tea ampuh atasi dahak membandel
Chamomile tea ampuh atasi dahak membandel

Banyak sekali jenis teh herbal yang bisa mengatasi dahak membandel, seperti mint tea, lavender tea, chamomile tea, dan juga green tea. Untuk menambahkan rasa ke dalam teh, jangan pergunakan gula namun manfaatkan madu asli.

Jangan menyepelekan dahak ya, B’timers! Segera usir dengan 4 minuman herbal tersebut.

Share This Article