4 Hal Tidak Sehat yang Sering Jadi Kebiasaan | Breaktime
4 Hal Tidak Sehat yang Sering Jadi Kebiasaan
16.12.2015

Setiap hari jutaan orang melakukan hal rutin yang tanpa mereka sadari berdampak buruk untuk kesehatan. B’timers mungkin sering mengabaikan dan menganggap hal itu tidak masalah. Tapi pada jangka panjangnya, kesehatan tubuh kitalah yang menjadi taruhannya.

Tentu kita semua berharap memiliki kesehatan yang terjaga dan berumur panjang. Yuk, B’timers, cek apakah Anda sering melakukan beberapa poin berikut:

     1. Menyepelekan waktu istirahat

Cukup tidur akan membuat tubuh terhindar dari sejumlah resiko buruk, seperti jauh dari stres berlebihan, terhindar dari resiko penyakit jantung, dan memungkinkan tubuh menghasilkan zat antibodi. Bahkan penelitian menunjukkan bahwa semakin sedikit seseorang tidur setiap harinya, mereka lebih beresiko mengalami obesitas. Hal yang sama akan dialami juga bagi mereka yang terlalu banyak tidur. Jadi usahakan Anda cukup tidur, antara 7 hingga 8 jam setiap harinya.

     2. Terlalu banyak menatap layar elektronik

Hidup di era modern membuat kita terikat dengan alat-alat canggih. Smartphone, tablet, laptop, menjadi hal yang wajib kita gunakan setiap harinya. Bahkan sampai menjelang waktu tidur pun, kita masih menyempatkan diri menengok media sosial. Penggunaan gadget yang berlebihan, akan meningkatkan resiko serangan jantung dan stroke sebanyak 113 %. Disarankan jika pekerjaan Anda tidak lepas dari laptop, usahakan minimal setiap 30 menit sekali untuk menghentikan aktivitas dan ganti suasana dengan melihat ke tanaman hijau.

     3. Melewatkan waktu makan

Ini kesalahan lain yang sering kita lakukan dengan alasan terlalu sibuk, hingga sering melewatkan waktu makan. Entah itu sarapan atau makan siang, jika sengaja ditinggalkan, Anda lebih beresiko terkena obesitas. Mengapa? Karena dengan begitu tubuh akan merasa lebih lapar dan dipastikan Anda akan makan lebih banyak dari porsi normal di jam makan selanjutnya, tanpa disadari. Biasakan untuk menjaga jadwal makan Anda.

4 Hal Tidak Sehat yang Sering Jadi Kebiasaan | Breaktime
Latihan ringan dapat kita lakukan di sela kesibukan kantor

     4. Terlalu banyak duduk

Aktivitas di kantor seringkali dilakukan sambil duduk. Tahukah Anda, B’timers, hal tersebut akan memperpendek umur seseorang dan menyebabkan banyak masalah kesehatan. Karena dengan terlalu banyak duduk akan memperlambat metabolisme tubuh kita. Hal itulah yang menyebabkan menurunnya tingkat pembakaran kalori, yang akan mengubahnya menjadi lemak. Jadi, usahakan agar menjaga tubuh tetap aktif bergerak. Misalnya setiap 20 menit sekali, hentikan aktivitas dan lakukan jalan di tempat atau senam ringan.

B’timers, jangan sampai karena alasan sibuk, Anda jadi menyepelekan kesehatan, ya? Karena jika tahu triknya, meskipun sibuk kesehatan kita akan tetap terjaga. (no)

Share This Article