4 Gejala Penyakit Jantung, World’s Biggest Silent Killer | BREAKTIME
4 Gejala Penyakit Jantung, World’s Biggest Silent Killer | BREAKTIME
13.04.2015
"I have learnt a lot about my body since my heart attack. I don't drink as much now as before"

-Gerard Depardieu-

Penyakit Silent Killer

B’timers, tahukah Anda penyakit yang paling banyak merenggut nyawa penduduk dunia? Berdasarkan data dari WHO, penyakit jantung yang termasuk dalam cardiovascular disease merupakan pembunuh nomor 1 di dunia. Hal ini tentu cukup mengerikan, terlebih lagi sebagian besar di antara penderitanya tak sadar kalau menderita penyakit jantung.

(Baca juga: Minum Susu Bisa Mengurangi Stress?)

Akibatnya, pola makan pun tak diperhatikan dan memicu terjadinya serangan jantung yang berakhir pada kematian. Maka dari itu, coba Anda simak beberapa gejala penyakit jantung yang sudah Breaktime rangkum dalam informasi berikut ini:

Gejala penyakit jantung secara umum

4 Gejala Penyakit Jantung, World’s Biggest Silent Killer | BREAKTIME
Kenali gejalanya sebelum terlambat

Penyakit jantung dibagi menjadi beberapa macam, mulai dari penyakit jantung koroner, penyakit jantung karena penyumbatan pembuluh darah kecil (iskemi), Infark Miokard, Aterosklerosis, sampai dengan penyakit jantung rematik. 

Masing-masing jenis penyakit jantung ini memiliki gejala yang berbeda-beda, namun pada umumnya serangan jantung akan dimulai dengan gejala sebagai berikut:

Nyeri di dada

Rasa nyeri ini disebabkan penyumbatan pada pembuluh darah yang mengakibatkan oksigen dan aliran darah tidak lancar kemudian memunculkan rasa sesak disertai nyeri seperti ditusuk-tusuk atau diremas.

Sesak napas

Pada umumnya, beberapa minggu sebelum seseorang terkena serangan, maka dia akan mengalami sesak napas. Hal ini terjadi karena masuknya cairan ke rongga udara di paru-paru.

Letih dan lelah

Selain sesak napas, badan akan terasa sangat letih dan lelah walaupun tidak terlalu banyak beraktivitas. Hal ini disebabkan tersendatnya aliran darah dan oksigen ke setiap pembuluh yang mengarah ke jantung dan menyebabkan kinerja pompa jantung tidak optimal.

Jantung berdebar, pusing dan pingsan

Gejala lain adalah jantung akan berdebar-debar dan sakit kepala berat hingga menyebabkan hilangnya kesadaran. Hal ini dipicu oleh penurunan aliran darah dan detak jantung yang tidak stabil.

There is nothing more precious than health. Maka dari itu, B’timers perlu menjaga kesehatan sebaik mungkin dengan disiplin dalam pola makan serta olahraga. Jangan lupa juga imbangi dengan aktivitas-aktivitas menyenangkan yang membuat kerja otak tetap optimal.

Share This Article