4 Cara Penting Lindungi Anak Anda dari Pneumonia | Breaktime
4 Cara Penting Lindungi Anak Anda dari Pneumonia
27.03.2017

Musim hujan, musim gugur hingga datang musim dingin memang selalu menjadi masa yang sangat tidak begitu menyenangkan, B’timers. Suhu di luar rumah dsangat dingin, mentari yang enggan bersinar serta memberikan kehangatan, ditambah lagi dengan air hujan yang senantiasa turun membasahi bumi setiap hari. Wah, di waktu-waktu seperti inilah adalah waktu yang paling rentan bagi Anda mendapatkan virus flu ataupun batuk.

Well, untuk orang dewasa pilek dan batuk musiman mungkin tidak terlalu membahayakan. Namun bakal lain halnya jika Anda memiliki anak kecil atau bayi di rumah, B’timers. Apalagi ketika buah hati terserang pneumonia. Wah,bayangkan jika anak Anda terkena pneumonia yang merupakan infeksi paru-paru yang disebabkan oleh beberapa virus dan bakteri. Paru-paru penderita akan meradang dan berisi cairan. Hasil yang diakibatkan adalah batuk hingga kesulitan bernapas.

4 Cara Penting Lindungi Anak Anda dari Pneumonia | Breaktime
Pneumonia bisa sangat mengganggu kenyamanan buah hati

Eits, tapi Anda tidak perlu khawatir, B’timers! Di bawah ini adalah cara yang terbukti efektif untuk bantu melindungi buah hati dari pneumonia selama musim dingin.

Baca juga : TIDAK PERLU PUSING, INI OBAT HERBAL SAKIT KEPALA

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk melindungi anak dari pneumonia pada musim dingin adalah dengan memberikan suplemen Vitamin C harian, B’timers. Menurut penelitian, kandungan Vitamin C di dalam jeruk terbukti ampuh untuk melawan penyebaran virus dan bakteri penyebab pneumonia. Ya, hal ini karena Vitamin C dapat membantu meningkatkan jumlah sel kekebalan tubuh dan melawan virus.

Anda dapat memberikan pengobatan tradisional pada buah hati yang tekena virus di musim dingin. Dan sebaiknya, sebelum Anda membawa buah hati ke dokter, berikan terlebih dahulu asupan makanan yang kaya akan kandungan Vitamin C, B’timers. Selain itu sangat direkomendasikan untuk menjaga kebugaran tubuh anak dengan berolahraga secara rutin.

4 Cara Penting Lindungi Anak Anda dari Pneumonia | Breaktime
Tingkatkan asupan makanan dan minuman kaya Vitamin C

Sebaiknya perhatikan juga kondisi dapur, tempat di mana Anda mengolah makanan dan minuman untuk anak, B’timers. Memasak makanan dengan menggunakan kompor kayu bisa meningkakan risiko mereka mendapatkan virus pneumonia, lho. Namun risiko akan berkurang jika Anda memiliki cerobong asap di dapur. Keberadaan cerobong asap dapat menurunkan paparan karbon monoksida pada anak-anak.

Baca juga : OBAT PERUT BUNCIT INI TERBUAT DARI RAMUAN HERBAL

Menurut dari National Institutes of Health atau NIH, dapur yang masih menggunakan cara tradisional dan juga terbuka, menjadi penyebab utama terjadinya pneumonia pada anak-anak, B’timers. Paparan asap pun terbukti dapat memperburuk kondisi anak-anak dengan pneumonia ringan, lho. Nah, karena itulah penting memperhatikan kelayakan tempat Anda memasak.

Langkah selanjutnya untuk melindungi anak Anda dari pneumonia adalah dengan memberikan vaksinasi pada mereka, B’timers. Menurut data yang dimiliki oleh NIH, dengan vaksinasi dapat mencegah sekitar lebih dari 1 juta kematian akan karena pneumonia setiap tahunnya. Karena itulah, penting memberikan vaksinasi Hib dan pneumokokus pada anak-anak.

4 Cara Penting Lindungi Anak Anda dari Pneumonia | Breaktime
Periksakan buah hati jika kondisinya tak kunjung sembuh

Namun sayangnya pemberian vaksinasi ini juga memiliki efek samping bagi anak-anak, B’timers. Seperti kejang dan ensefalitis. Nah, rekomendasi yang paling sedikit  risiko adalah dengan meningkatkan asupan Vitamin C pada anak-anak. Tak hanya Vitamn C saja, Anda juga bisa memberikan asupan makanan kaya akan nutrisi untuk meningkatkan kekebalan tubuh mereka, seperti teh, kopi dan ekstrak kacang hijau.

Baca juga : HOUSEPLANTS SEKADAR HIASAN? INI BUKTI ILMIAHNYA!

Yang tak kalah penting untuk melindungi buah hati Anda dari pneumonia adalah dengan selalu menjaga kebersihan tangan. Hindarilah menyentuh area yang terinfeksi, lalu menyentuh hidung, mata dan mulut. Atau Anda bisa memberikan pembersih tangan untuk membantu menjaga kebersihan mereka, B’timers. Penyebaran virus pneumonia ini bisa sangat cepat, lho.

Kondisi ruangan yang dingin dapat membuat virus atau bakteri penyebab pneumonia bertahan hingga 24 jam lamanya di luar tubuh penderita. Bahkan beberapa virus dapat bertahan selama seminggu, lho. So, lindungilah buah hati dari pneumonia, ya, B’timers! (NO)



artikel kompilasi
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE