4 Cara Menjaga Kesehatan Saat Lebaran | Breaktime
4 Cara Menjaga Kesehatan Saat Lebaran
15.06.2017

Di Indonesia, umumnya makanan khas lebaran didominasi oleh makanan berkalori tinggi dan berlemak seperti opor, rendang, gulai, dan sebagainya. Setelah sebulan diuji untuk menahan godaan dengan cara berpuasa selama 12 jam, maka pada hari Idul Fitri, yaitu puncaknya bulan ramadhan merupakan hari yang tepat untuk melakukan ‘pembalasan’. ‘Pembalasan’ disini maksudnya adalah menyantap berbagai makanan tanpa memperhatikan porsi dan makanan yang dikonsumsi.

Hasilnya? Bukannya sehat malah kebalikannya. Berat badan kembali naik bagi yang sedang melakukan diet dan penyakit lama datang lagi karena terlalu banyak makan makanan yang berlemak. Kalau sudah begini, merepotkan juga ya, B’Timers? Maka dari itu, Anda harus tahu bagaimana cara menjaga kesehatan saat Lebaran. Memang sudah naluri manusia untuk tergoda dan makan yang enak.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Spektakuler! Cara Mengobati Penyakit Kolesterol!

Cara menjaga kesehatan saat lebaran sebenarnya cukup mudah dan bisa dilakukan kapan saja. Asalkan B’Timers konsisten, kemungkinan dapat melewati lebaran tanpa bermasalah dengan berat badan kesehatan sangat besar. Berikut ini ada4 cara yang bisa B’Timers lakukan agar sehat selalu selama lebaran.

Niat dan sugesti. Kedua hal ini sangat berpengaruh. Niat dapat menjadi motivasi Anda dalam mengontrol asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh dan sugesti berperan sebagai pengontrol dalam proses asupan tersebut. Sugesti terhadap diri sendiri secara intens akan membantu Anda untuk tidak makan secara berlebihan tanpa B’Timers sadari. Salah satu cara untuk menyugesti diri anda adalah dengan ‘no waste food’. Maksudnya, ketika anda ingin menaruh berbagai macam jenis makanan dalam piring Anda, tanyakan kepada diri anda sendiri ‘Apakah saya bisa menghabiskan itu semua?’ ‘Apakah tidak akan ada makanan yang terbuang?’  

4 Cara Menjaga Kesehatan Saat Lebaran | Breaktime
Buah dan sayur sangat penting untuk kesehatan tubuh
Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Hayo! Bahaya Mengintai yang Tidur Setelah Sahur!

Olahraga ringan. Olahraga ringan yang dilakukan secara berkala lebih baik daripada olahraga yang berat tapi jarang dilakukan. Contohnya, Anda bisa berjalan kaki atau jogging di sekitar kompleks rumah, taman kota, atau di jalan manapun yang menurut Anda memadai dan aman untuk melakukannya. Jika malas keluar rumah atau pergi ke gym, Anda bisa melakukannya di rumah misalnya yoga, pilates, atau kardio. Lagipula, sudah banyak tutorial dan aplikasi untuk mendukung olahraga di rumah. Keep searching the information ya, B’Timers.

Perbanyak konsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan. Ini merupakan cara menjaga kesehatan saat lebaran yang bisa anda lakukan jika Anda bukan orang yang suka berolahraga. Lagipula, Anda tidak perlu menjadi seorang vegetarian untuk mengonsumsi sayur dan buah. Tipsnya, konsumsi sayuran terlebih dahulu sebelum makan makanan lain. Hal ini bertujuan untuk mengontrol dan mengurangi nafsu makan. Menu sayuran seperti mix salad mengandung banyak nutrisi dan serat yang akan membuat perut Anda merasa kenyang lebih dulu sehingga anda bisa melewatkan opor ayam atau makan dengan porsi yang jauh lebih sedikit.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Ini Kunci Cara Mengatasi Jerawat dengan Cepat!

Hindari minuman berkarbonasi. Minuman satu ini termasuk minuman wajib yang ada di setiap rumah saat perayaan lebaran. Tapi pada kenyataan, minuman ini mengandung banyak sekali gula dan jika dikonsumsi dalam jumlah yang banyak akan berdampak buruk pada kesehatan. Jika B’Timers khawatir tidak ada minuman lain selain minuman berkarbonasi saat berkunjung ke rumah tetangga, B’Timers bisa membawa bekal air mineral dalam botol kecil atau menahan diri untuk tidak minum.

Itulah cara menjaga kesehatan saat lebaran datang. Ada pepatah lama yang mengatakan lebih baik menjaga daripada mengobati. Alih-alih bersuka cita, yang ada malah berduka cita karena sakit yang menimpa. Selalu jaga kesehatannya ya, B’Timers!



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE