4 Cara “Tobat” dari Kecanduan Media Sosial | Breaktime
4 Cara “Tobat” dari Kecanduan Media Sosial
25.06.2015

Kecanduan sosial media adalah istilah yang banyak digunakan ketika B’timers menghabiskan lebih banyak waktu bersentuhan dengan Facebook, Twitter, dan berbagai jenis sosial media lainnya. Saking parahnya, aktivitas ini ternyata mempengaruhi sikap B’timers yang lebih enggan ketika berinteraksi secara nyata. Nah, adakah cara untuk mengatasinya? Yuk, simak ulasannya!

Batasi waktu online

Batasi berbalas komentar atau update status
Batasi berbalas komentar atau update status

Batasi waktu seberapa lama Anda akan online. Bila perlu, use  stopwatch  and set a limit! Bila waktu habis, Anda harus segera log out tak peduli dengan kekepoan yang masih tersisa untuk memantau kabar lainnya. There is always tomorrow, B’timers!

Telepon teman

Mungkin ini adalah bentuk komunikasi yang sudah cukup jadul. Namun, ketika Anda tak bisa menemui teman secara langsung, komunikasi via telepon merupakan komunikasi yang sebenarnya ketika Anda bisa mendengar suara teman dan merasakan kedekatan emosional lebih baik daripada sekadar meninggalkan pesan atau komentar di sosial media.

Pergi jalan-jalan

It’s time for you to get a fresh air than simply staying in a closed room for hours! Pergilan jalan-jalan untuk mengetahui interaksi sosial yang lebih nyata dan manusiawi di luar sana. B’timers juga bisa menikmati hangatnya sinar matahari atau indahnya suara burung yang lebih menenteramkan pikiran daripada sekadar membaca status dan komentar berbagai teman tanpa jeda.

Batasi jumlah akun sosial media

Komunikasi dengan sosial media memang tak ada salahnya selagi Anda tak banyak kehilangan precious time in a real life and human interaction. Paling tidak, Anda bisa membatasi akun sosial media Anda tak lebih dari dua atau malah hanya satu akun agar waktu B’timers tak terlalu banyak tersita untuk online.

Selain itu, carilah  kesibukan. Kesibukan akan menuntut B’timers untuk menyelesaikan berbagai hal produktif tepat waktu dan mengalihkan perhatian dari sekadar berbalas komentar atau kepo dengan kabar teman yang bahkan Anda tak terlalu akrab dengannya di dunia nyata. Get busy like a bee!

“I want to be a great artist someday, and that won’t happen if I become satisfied likes and nice comments being a “good” artist.”—Alyssa Chayasing

Share This Article