Langkah Tepat Membebaskan Diri dari Glukoma | Breaktime
4 Cara Aman Ini Bisa Bebaskan Anda dari Glaukoma
05.08.2015

B’timers pasti pernah dengar tentang glaukoma, kan? Penyakit yang menyerang indra penglihatan ini disebabkan oleh tersumbatnya saluran cairan pada mata oleh lemak atau zat lain. Akibatnya, cairan tidak bisa keluar dan bola mata akan membesar lalu menekan saraf mata. Hal inilah yang membuat saraf mata kehilangan fungsinya dan menyebabkan kebutaan.

Untuk menyembuhkan glaukoma, ada beberapa cara yang bisa dilakukan, seperti berikut ini:

Memperbanyak asupan Omega-3

Mengonsumsi ikan bisa mencegah penyakit glaukoma
Mengonsumsi ikan bisa mencegah penyakit glaukoma

Kandungan DHA dalam Omega-3 berfungsi untuk melindungi retina mata dari kerusakan. Selain itu, Omega 3 juga mampu mencegah degenerasi makula yang bisa menyebabkan seseorang mengalami kebutaan. Ikan merupakan salah satu sumber makanan terbaik yang kaya akan Omega-3.

Kurangi lemak tubuh

Berlari bisa menurunkan kadar lemak di dalam tubuh
Berlari bisa menurunkan kadar lemak di dalam tubuh

Diet teratur dan olahraga bisa membantu Anda menghilangkan lemak berlebih yang dapat mencegah degenerasi makula. Tapi ingat, pastikan tubuh tercukupi kebutuhan nutrisinya karena tujuan utama diet ini bukanlah untuk menurunkan berat badan, melainkan mengurangi asupan lemak berlebih di dalam tubuh.

Coba pengobatan nano

Kapsul nano disuntikan dalam waktu tertentu untuk menyembuhkan glaukoma
Kapsul nano disuntikan dalam waktu tertentu untuk menyembuhkan glaukoma

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Nanyang Technological University (NTU) dan Singapore Eye Research Institute, penyembuhan glaukoma dengan obat-obatan biasa memakan waktu lama dan kurang efektif. Setelah beberapa kali melakukan percobaan, pada akhirnya diciptakan sebuah metode yang lebih baik dalam mengobati glaukoma yaitu menggunakan kapsul nano. Ribuan kapsul berukuran nano ini akan disuntikan ke dalam mata yang nantinya secara bertahap akan memperbaiki kondisi mata hingga sembuh total.

Melakukan operasi filtrasi mata

Operasi adalah jalan terakhir untuk menyembuhkan glaukoma
Operasi adalah jalan terakhir untuk menyembuhkan glaukoma

Operasi ini meruapakan langkah terakhir untuk menyembuhkan penyakit glaukoma. Ahli bedah akan membuat saluran baru yang akan memudahkan cairan mata keluar sehingga bola mata tidak membesar dan menekan saraf mata. Dengan cara ini, aliran darah menuju saraf mata akan kembali normal dan saraf pun bisa bekerja sebagaimana mestinya.

Share This Article