4 Alasan Agar Berhenti Remehkan Bahaya Keputihan | Breaktime
4 Alasan Agar Berhenti Remehkan Bahaya Keputihan
09.03.2016

Wanita sering mengeluarkan cairan melalui vagina atau yang lebih umum disebut keputihan. Dalam bahasa kedokteran, keputihan disebut dengan istilah flour albus. Memang, keputihan adalah hal normal tidak semua keputihan berbahaya. Namun, Anda tidak boleh memandang remeh terhadap keputihan yang Anda alami tersebut. Nah, untuk meningkatkan kewaspadaan Anda terhadap keputihan, baca 4 hal yang harus diperhatikan saat keputihan ini.

Gejala penyakit berbahaya

Keputihan bisa saja menjadi ciri-ciri bahwa Anda sedang terjangkit penyakit organ intim. Beberapa penyakit berbahaya yang mungkin sedang Anda derita karena keputihan adalah Vaginosis Bacterial yang ditandai dengan cairan berwarna putih keabu-abuan dan gatal di sekitar vagina, infeksi jamur akibat kelebihan hormon estrogen yang juga penyebab kanker, trikomoniasis, gonorrhea dan lain sebagainya.

Gangguan kehamilan

Saat Anda hamil dan mengalami keputihan yang berlebihan, Anda juga harus waspada. Jika Anda merasa keputihan yang dialami tidak wajar, segeralah ke dokter untuk periksa dan konsultasi. Bisa jadi Anda terinfeksi bakteri Group B Strep (GBS). Jika tidak segera diatasi, infeksi ini bisa menular hingga ke janin Anda. Bahayanya, tidak ada langkah yang bisa dilakukan untuk mencegah kondisi ini selain dokter yang memberi antibiotik saat persalinan.

4 Alasan Agar Berhenti Remehkan Bahaya Keputihan | Breaktime
Ibu hamil rentan mengalami keputihan dan harus lebih waspada

Stres berat

Mengeluarkan banyak cairan keputihan bisa jadi adalah pengingat bahwa Anda sedang mengalami stres yang serius. Stres terlalu lama dan tak kunjung dilakukan healing bisa mengakibatkan keputihan yang terus-menerus dan meninggalkan rasa tidak nyaman pada organ intim. Segera lakukan refreshing agar stres yang Anda alami cepat berlalu. Jika tidak, bisa jadi keputihan akan berkembang menjadi bakteri yang membahayakan kesehatan Anda.

4 Alasan Agar Berhenti Remehkan Bahaya Keputihan | Breaktime
Keputihan bisa jadI tanda Anda sedang stres berat

Kelelahan berlebihan

Kelelahan yang berlebihan bisa membuat Anda mengeluarkan cairan keputihan lebih banyak dari biasanya. Jika ini terjadi, istirahatlah. Jangan memaksakan diri untuk terus beraktivitas tanpa jeda. Dengarkan tubuh Anda saat ia minta untuk diistirahatkan. Berhentilah dan perbanyak minum air putih agar tubuh tetap segar.

Untuk mengatasi keputihan, cobalah untuk rajin mengganti celana dalam setidaknya sehari sekali. Jangan menggunakan celana dalam yang masih lembab agar bakteri dan jamur tidak berkembang dan berhati-hatilah dalam melakukan hubungan seksual. Semoga bermanfaat ya, B’timers! (nap)

Share This Article