3 Manfaat Melakukan Teknik Pernapasan Abdominal bagi Kesehatan | Breaktime
3 Manfaat Melakukan Teknik Pernapasan Abdominal bagi Kesehatan
26.08.2015

Setiap makhluk hidup pastinya memiliki sistem respirasi atau disebut juga dengan nama sistem pernapasan. Di dalam tubuh manusia sendiri, sistem pernapasan dibagi menjadi 2 bagian, yaitu pernapasan dada atau biasa disebut pernapasan diafragma dan pernapasan perut atau pernapasan abdominal.

Sejak bertahun-tahun lalu, teknik pernapasan perut ini sudah banyak digunakan dalam peradaban kuno seperti di Cina (Tai Chi), India (Yoga), Jepang (Reiki) sampai dengan di Yunani. Semua ini dilakukan karena beberapa manfaat menarik berikut ini:

Mengurangi kadar stres

Pernapasan perut efektif mengurangi stres
Pernapasan perut efektif mengurangi stres

Ketika B’timers sedang dalam keadaan stres, gelisah, bahkan emosi, ada baiknya untuk mengambil napas dalam-dalam dan mengirimkannya ke dalam perut. Kemudian, keluarkan secara perlahan.

Dengan cara ini, saraf-saraf otonom yang merespon stres akan dinonaktifkan sejenak dan tubuh akan melepaskan hormon yang dapat membuat seseorang tenang.

Melancarkan peredarah darah

Memuat aliran darah lebih lancar dan kaya akan oksigen
Memuat aliran darah lebih lancar dan kaya akan oksigen

Saat menghirup udara dan mengalirkannya ke perut, maka udara akan mencapai lobus yang berada di bawah paru-paru. Ini merupakan tempat yang banyak mengalirkan darah. Dengan melakukan teknik pernapasan abdominal, maka tubuh akan mengeluarkan prostaglandin atau hormon yang bersifat menetralkan oksigen aktif.

Hormon ini bertugas untuk melebarkan pembuluh darah agar dapat lebih banyak membawa oksigen yang sudah tersaring guna disalurkan ke semua sel dalam tubuh.

Terapi insomnia

Mengatasi masalah susah tidur
Mengatasi masalah susah tidur

Dengan melakukan teknik pernapasan satu ini, maka bagi B’timers  memiliki insomnia akan segera mendapatkan manfaatnya. Pernapasan abdominal membantu produksi hormon endorfin dalam tubuh lebih banyak sehingga Anda akan merasa lebih tenang dan terlelap.

Bagaimana B'timers? Apakah Anda tertarik untuk merasakan langsung manfaat sederhana dari teknik pernapasan perut satu ini? Selamat mencoba, ya!

Share This Article