10 Kebiasaan Kecil yang Berikan Perubahan Besar | Breaktime
10 Kebiasaan Kecil yang Berikan Perubahan Besar
13.09.2015

B’timers mungkin malas atau tak punya waktu untuk berolahraga. Tapi, siapa yang tak ingin tubuh sehat? Jika olahraga rutin terasa sulit bagi Anda, coba lakukan 10 hal kecil berikut untuk menjaga kesehatan tubuh:

Rutin flossing

Mungkin B’timers meragukan hubungan flossing (membersihkan gigi dengan benang khusus) dan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Namun, flossing adalah cara termudah yang efektif mengusir bakteri jahat. Flossing secara teratur akan mencegah bakteri dalam mulut masuk ke aliran darah serta mencegah akumulasi plak yang dapat mengikis gigi.

Makan tiap 2-3 jam

Beberapa orang akan memilih tidak makan demi menguruskan badan. Padahal cara ini dapat mengacaukan metabolisme tubuh. Scott Colby, pelatih kebugaran di Dallas, menyarankan untuk makan tiap 2-3 jam sekali dengan aturan tiga kali makan dan dua kali makanan ringan.

Gunakan pedometer

Pedometer merupakan alat untuk menghitung langkah Anda dalam sehari. Mulai dengan 2.000 langkah perhari, kemudian tingkatkan sesuai kemampuan fisik Anda.

Sarapan gandum

Beberapa program diet biasanya menyarankan Anda untuk mengonsumsi gandum dibandingkan nasi. Gandum memiliki kandungan kerbohidrat kompleks yang akan membuat Anda tidak mudah lapar. Selain itu, kandungan serat pada gandum juga lebih tinggi dibandingkan nasi.

Malas berolahraga? Lakukan 10 hal ini
Malas berolahraga? Lakukan 10 hal ini

Penuhi kebutuhan air

Agar metabolisme lancar, tubuh membutuhkan asupan air yang cukup. Untuk itu sebagai langkah awal penuhi kebutuhan air Anda dengan meminum minimal 8 gelas air per hari.

Hitung detak jantung

Ketika sedang bersantai, jantung umumnya berdetak 60-100 kali per menit. Untuk merasakan denyut jantung Anda, duduklah dalam posisi yang nyaman dan rasakan denyut jantung Anda melalui arteri radial yang berada di pergelangan tangan.

Tidur berkualitas

Setiap orang membutuhkan waktu tidur sekitar 7-8 jam. Untuk itu, biasakanlah tidur malam berkualitas dengan rentang waktu tersebut demi tubuh lebih sehat, meningkatkan memori, serta mengontrol berat badan Anda.

Ketahui komposisi makanan

Bagaimanapun, apapun yang Anda konsumsi akan dicerna oleh tubuh. Oleh karena itu, ketahui dengan jelas apa yang Anda masukkan kedalam tubuh. Hindari makanan kemasan dengan minyak terhidrogenasi, sirup jagung fruktosa, kuning #5, biru #2, maupun kombinasi warna dan angka lainnya.

Hindari soda

Para ahli kesehatan menyarankan Anda untuk menghindari soda. Kandungan pemanis buatan, bahkan dalam soda diet, akan mendorong tubuh mengeluarkan lebih banyak insulin. Akibatnya, lemak di perut akan semakin menumpuk dan meningkatkan risiko penyakit jantung.

Buah dan sayur

Tambahkan sedikitnya satu porsi buah ataupun sayur ketika Anda makan. Semakin banyak jenis buah dan sayuran yang masuk ke dalam tubuh, Anda dapat membantu tubuh menangkal stroke, penyakit jantung, kanker, katarak, dan beberapa masalah pencernaan.

Musik slow

David Niven, PhD, penulis buku 100 Simple Secrets of Healthy People, menyarankan untuk menyalakan musik klasik ketika makan malam. Ketika makan, kita cenderung mengikuti kecepatan musik yang kita dengarkan. Oleh karena itu, nyalakan musik berirama slow agar Anda makan dengan lambat dan kenyang lebih cepat.

Share This Article