10 Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh | Breaktime
10 Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
05.11.2016

Saat ini cuaca sedang tidak menentu dan cenderung ekstrem. Kadang sepanjang hari akan sangat panas, terkadang tiba-tiba akan turun hujan, atau bahkan akan datang angin kencang. Hal ini akan memudahkan seseorang terserang penyakit jika ia tidak punya daya tahan tubuh yang baik. Banyak hal yang bisa dilakukan sebagai cara meningkatkan daya tahan tubuh saat musim seperti ini.

Cuaca panas dan terlalu terik akan membuat Anda cepat lelah dan mengantuk. Cuaca yang tiba-tiba hujan juga bisa membuat Anda mudah terserang flu dan demam. Sedangkan cuaca berangin bisa membawa berbagai virus dan bakteri.

Baca juga : CATAT! INI MAKANAN TERBAIK UNTUK PENDERITA TIFUS!

Jika Anda memiliki daya tahan tubuh yang baik, maka Anda akan terhindar dari gangguan kesehatan akibat virus dan bakteri. Untuk memiliki daya tahan tubuh yang baik, Anda bisa mengonsumsi makanan-makanan sehat dan alami. Imbangi kegiatan Anda diluar ruangan dengan konsumsi makanan sehat berikut ini, B’timers.

Perbanyak minum air putih

Sebanyak 70% tubuh manusia terdiri dari air, sehingga bisa dibayangkan jika Anda kekurangan cairan dalam tubu. Yang Anda butuhkan hanya memperbanyak minum air putih agar racun di dalam tubuh bisa dibuang. Anda juga akan terhindar dari dehidrasi sehingga tidak akan mudah lelah, sakit kepala, migrain,d an stress.

Buah-buahan dan sayuran

Sudah bukan rahasia umum lagi jika buah-buahan dan sayuran merupakan makanan paling menyehatkan untuk tubuh. Buah dan sayur mengandung antioksidan tinggi yang sangat penting untuk melindungi tubuh Anda terserang penyakit. Konsumsi banyak buah dan sayuran secara rutin.

Lemon

Inilah salah satu buah yang mengandung banyak sekali vitamin C. Yup, lemon mampu meningkatkan daya tahan tubuh Anda sehingga Anda tidak mudah terserang penyakit. Manfaat lain lemon adalah sebagai detoksifikasi alami yang dapat membersihkan racun dalam tubuh.

10 Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh | Breaktime
Banyak minum air putih jadi salah satu cara tingkatkan kekebalan tubuh

Bawang putih

Bawang putih juga mengandung antioksidan tinggi yang sangat berguna bagi sistem kekebalan tubuh. Mengonsumsi bawang putih secara langsung dapat menyembuhkan flu dengan cepat. Kandungan allicin juga berfungsi sebagai antivirus dan antibakteri yang dapat melawan kuman penyakit.

Coklat

Siapa yang tidak suka dengan makanan yang satu ini? Selain dapat menenangkan pikiran, coklat ternyata juga mampu meningkatkan kekebalan tubuh, lho! Kok bisa? Yup, karena coklat merupakan antioksidan konsentrat.

Eits! Namun, yang harus Anda ketahui adalah coklat yang sehat adalah coklat yang memiliki sedikit saja kadar gula, seperti dark chocolate atau chocolate powder.

10 Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh | Breaktime
Sayur dan buah sangat penting untuk kesehatan tubuh

Bayam

Bayam mengandung folat tinggi yang bisa mencegah kerusakan DNA dan pembuluh darah yang secara otomatis juga akan menjaga kekebalan tubuh Anda. Bayam juga kaya akan nutrisi yang sangat baik untuk tubuh dan menambah energi. Kandungan lain dalam bayam adalah serat, antioksidan, dan vitamin C.

Brokoli

Sudah banyak yang tahu jika brokoli memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Brokoli mengandung zat kimia alami yang dapat merangsang sistem kekebalan tubuh. Vitamin A, vitamin C, dan glutathione juga terkandung dalam brokoli.

Semangka

Semangka juga merupakan buah-buahan sebagai cara meningkatkan daya tahan tubuh. Semangka mengandung vitamin C yang cukup untuk kebutuhan tubuh. Selain itu juga, semangka mengandung antioksidan yang  sangat tinggi, mampu melindungi tubuh dari serangan radikal bebas.

Ikan

Ikan laut seperti salmon, tuna, dan mackerel mengandung omega-3 yang sangat baik untuk menjaga kebugaran dan meningkatkan kekebalan tubuh. Selain itu juga, kandungan dalam ikan berfungsi untuk memberi perlindungan terhadap kerusakan yang disebabkan oleh infeksi. Konsumsi ikan-ikan tersebut setidaknya dua kali dalam seminggu.

Baca juga : KESEHATAN TERSAJI DALAM SEPIRING “PELANGI”

Jahe

Sejak jaman dulu, jahe dimanfaatkan sebagai obat herbal tradisional yang dapat menghangatkan tubuh, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan menetralisir racun dalam tubuh. Saat Anda merasa kelelahan, konsumsi jahe dengan cara menyeduhnya dengan air hangat.

Wah, ternyata banyak juga ya bahan-bahan alami di sekitar kita yang berfungsi untuk cara meningkatkan daya tahan tubuh. Kini Anda tak perlu susah payah mencari obat untuk mencegah dan mengobati sakit saat musim ekstrim. (vpd)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE