Yuk, Waspadai Makanan Yang Tidak Sehat Ini | Breaktime
Yuk, Waspadai Makanan Yang Tidak Sehat Ini
13.05.2017

You are what you eat”. Fakta bahwa salah satu faktor terbesar yang mempengaruhi kesehatan Anda adalah makanan yang Anda konsumsi setiap hari. Mengkonsumsi makanan-makanan yang kaya akan nutrisi dan vitamin akan membuat tubuh Anda sehat, sedangkan terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang tidak sehat tidak hanya dapat mengakibatkan obesitas tetapi juga dapat menimbulkan penyakit-penyakit kronis.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Tips Sukses Diet Dengan Makanan Sehat Untuk Diet

Dan pastinya, dengan mudahnya memperoleh informasi saat ini, Anda akan menemukan berbagai macam uraian mengenai makanan mana yang termasuk makanan menyehatkan dan makanan yang tidak sehat. Tapi siapa yang menyangka kalau ternyata ada beberapa makanan yang semula kita kira sebagai makanan dan minuman yang bermanfaat atau harmless ternyata dapat mengakibatkan masalah kesehatan jika dikonsumsi terlalu berlebihan.

Salah satu jenis minuman yang seringkali disangka sebagai minuman sehat sehingga sering dikonsumsi adalah jus buah. Memang sih, jus buah memiliki vitamin dan serat yang sangat bermanfaat untuk tubuh, tapi sebaiknya jangan mengkonsumsi jus buah terlalu sering, B’Timers.

Alasannya, untuk membuat segelas jus buah, maka Anda memerlukan buah dalam jumlah yang cukup banyak. Sedangkan, di dalam masing-masing buah tersebut terdapat zat fruktosa atau zat pemanis alami yang terdapat di dalam buah-buahan. Memang sih, dibandingkan dengan gula olahan pabrik yang merupakan gabungan dari sukrosa dan fruktosa, zat fruktosa di dalam buah-buahan lebih baik karena tidak serta merta menyebabkan gula darah Anda melonjak tinggi.

Tapi, konsumsi jus buah yang terlalu sering lama-kelamaan akan mengakibatkan penumpukan gula fruktosa di dalam darah. Lambat laun gula darah Anda pun akan meningkat, dan jika hal tersebut dibiarkan maka dapat mengakibatkan obesitas dan penyakit-penyakit lainnya. Minum jus buah boleh saja, B’Timers, tapi keep it at moderation, ya.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Jangan Sembarangan Diet! Ini Cara Diet Yang Baik!

Satu lagi jenis makanan tidak sehat yang terlihat harmless adalah fruit jam, atau selai buah. Memang tidak ada yang lebih menyenangkan dari memulai hari dengan sarapan setangkup roti dengan selai buah. Well, Anda mungkin akan memilih untuk menggunakan peanut butter jika Anda mengetahui bahwa di dalam selai buah tersebut terdapat kandungan gula yang sangat tinggi, dan pektin. Pektin adalah jenis karbohidrat kompleks yang pada umumnya terdapat pada buah-buahan dan umbi. Pektin dipercaya mampu mem-boosting kadar lemak kolesterol baik HDL dan menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah.

Yuk, Waspadai Makanan Yang Tidak Sehat Ini  | Breaktime
Wah, ini makanan yang tidak sehat, B’Timers

Tapi, terlalu banyak zat pektin di dalam tubuh juga dapat mengakibatkan zat-zat penangkal kanker yaitu zat antioksidan, seperti beta-karoten, lycopene, dan lutein terbuang dari dalam tubuh Anda sehingga tubuh Anda pun menjadi vulnerable terhadap zat-zat radikal bebas. Selain itu, bahaya juga datang dari gula tambahan yang ada di dalam selai buah tersebut. Terlalu banyak kadar gula di dalam darah dapat mengakibatkan diabetes, obesitas, dan juga zat gula merupakan makanan utama dari sel-sel kanker.

Untungnya masih ada alternatif yang lebih menyehatkan, yaitu dengan menyantap roti Anda dengan selai kacang dan irisan buah-buahan seperti pisang dan strawberries. Dan kalaupun terpaksa, jadikanlah roti selai buah Anda sebagai makanan alternatif yang Anda konsumsi sejarang mungkin.

8 gelas air perhari dapat membantu Anda mengusir dehidrasi, akan tetapi mengkonsumsi air mineral botolan nampaknya memberikan efek yang sebaliknya. Pasalnya, besar kemungkinan air mineral yang dikemas di dalam botol tersebut telah terkontaminasi oleh zat BPA. Zat BPA adalah zat kimia yang memiliki properti menyerupai hormon yang sering ditemukan di dalam plastik, tak terkecuali botol plastik. Clearly, mengkonsumsi air kemasan botol terlalu sering dapat mengakibatkan gangguan hormon yang tidak hanya dapat mengakibatkan kanker tetapi juga memicu ketidaksuburan baik pada pria maupun pada wanita.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Lebih Efektif Mana, Olahraga Pagi ataukah Malam?

Solusinya, hindari air kemasan botol sekaligus lebih teliti dalam membeli botol minuman. Botol minuman yang terbuat dari logam adalah salah satu solusi teraman, akan tetapi jika Anda lebih suka membeli botol minuman dari plastik, maka pilihlah botol minuman yang telah teruji terbebas dari BPA.

Wah, ternyata cukup banyak ya makanan yang tidak menyehatkan namun kita seringkali menyangkanya sebagai makanan dan minuman sehat. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda, B’Timers. (dkp)



artikel kompilasi
related img
icon maps
BALI
GUIDE
related img
icon maps
BALI
GUIDE
related img
icon maps
BALI
GUIDE