Cara Curi Waktu untuk Berolahraga saat Kegiatan Padat
Yuk, Curi-Curi Waktu Berolahraga di Depan Meja Kerja! Ini Caranya!
23.07.2015

Duduk terlalu lama lebih berbahaya dibandingkan dengan merokok. Hal ini senanda dengan apa yang diungkapakan oleh Dr. James Levine, direktur Mayo Clinic-Arizona State University Obesity Solutions Initiative, bahwa duduk terlalu lama memang memiliki efek negatif untuk tubuh.

Namun apabila pekerjaan  mengharuskan untuk tetap duduk dalam waktu yang lama, Anda harus pandai-pandai mencuri waktu untuk berolahraga di sela kesibukan. Berikut olahraga yang bisa Anda lakukan saat berada di depan meja kerja:

Stretching

Pemanasan ringan juga bisa dilakukan di depan meja kerja
Pemanasan ringan juga bisa dilakukan di depan meja kerja

Pemanasan dilakukan untuk meminimalisir cedera yang diakibatkan oleh olahraga meskipun hanya  dilakukan di balik meja. Rentangkan tangan dan kaki Anda ke depan selama beberapa menit, tarik napas dalam-dalam dan kemudian keluarkan secara perlahan. Lakukan pemanasan ini 30 detik sampai 1 menit.

The Magic Carpet Ride

Olahraga ini berfungsi untuk melatih kekuatan otot lengan. Untuk melakukannya, duduklah dengan menyilangkan kaki di atas kursi. Selanjutnya, tempatkan tangan di lengan kursi. Tarik napas dalam-dalam secara perlahan kemudian angkat tubuh dari kursi dengan menekankan kekuatan pada otot perut dan tangan. Tahan beberapa detik, ulangi setidaknya sampai lima kali.

Carpal Tunnel Reliever

Untuk melakukan gerakan ini, berdirilah dengan tegak lalu letakkan punggung tangan di atas meja dengan jari-jari menghadap ke arah Anda. Secara perlahan, turunkan tubuh hingga merasakan peregangan. Tahan posisi Anda selama beberapa detik.

Desk press

Lakukan push up sederhana dengan tumpuan meja
Lakukan push up sederhana dengan tumpuan meja

Nah, olahraga satu ini berfungsi untuk memperkokoh otot-otot tubuh bagian atas. Gerakannya cukup mudah seperti saat Anda melakukan push up, namun kali ini dengan tumpuan meja. Pastikan terlebih dahulu meja yang digunakan benar-benar kuat agar tidak menimbulkan cedera.

Meskipun sibuk, harus tetap olahraga ya B’timers, agar kesehatan tidak tergadaikan dengan uang. Let’s work out, B’timers!

Share This Article