Yuk, Bakar Kalori dengan Pekerjaan Rumah Tangga! | Breaktime
Yuk, Bakar Kalori dengan Pekerjaan Rumah Tangga!
19.04.2016

B’timers, aktif bergerak tak hanya bertujuan untuk membakar kalori agar tubuh lebih langsing, tapi juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. Setidaknya, tubuh harus bergerak selama 30 menit per hari dan 5 hari per minggu untuk mendapatkan manfaat ini.

Sayangnya, olahraga belum menjadi gaya hidup di Indonesia. Bahkan, tak sedikit yang malas berolahraga dan melewatkan aktivitas fisik begitu saja. Padahal, pekerjaan rumah tangga yang sederhana pun bisa menjadi aktivitas yang baik untuk tubuh.

Yuk, Bakar Kalori dengan Pekerjaan Rumah Tangga! | Breaktime
Pekerjaan rumah lebih efektif dibanding berolahraga

Menyapu, mencuci baju, mengepel, ataupun membersihkan rumah, jika dilakukan secara rutin tiap hari, dinilai lebih efektif dibanding olahraga lainnya termasuk senam. Hal ini karena pekerjaan rumah tangga lebih sering dan rutin dilakukan, dibandingkan dengan olahraga-olahraga tertentu.

Lantas, kegiatan apa saja sih yang dapat dilakukan agar kalori lebih banyak terbakar saat melakukan pekerjaan rumah tangga?

Olahraga ringan

Saat menunggu air mendidih atau makanan yang Anda panaskan, daripada diam saja atau menonton TV, sebaiknya lakukan olahraga ringan. Jalan ditempat, squat dan push-up bisa Anda lakukan untuk membakar kalori lebih banyak. Jika dilakukan dengan rutin, tubuh akan menjadi lebih sehat dan ideal.

Yuk, Bakar Kalori dengan Pekerjaan Rumah Tangga! | Breaktime
Potong sayuran dan haluskan bumbu secara manual

Lakukan secara manual

Blender dan alat pemotong sayuran lainnya memang dapat mempermudah Anda saat memasak. Namun, sebaiknya potong dan haluskan sayuran secara manual agar otot lengan semakin kuat. Anda juga bisa mengocok telur menggunakan kocokan manual, bukan mixer.

Angkat ember cucian

Ember cucian bisa Anda jadikan pengganti dumbbell untuk memperkuat otot lengan dan bahu Anda. Jika memungkinkan, angkat ember cucian dengan gerakan naik turun sebelum Anda menjemur pakaian.

Yuk, Bakar Kalori dengan Pekerjaan Rumah Tangga! | Breaktime
Temani kegiatan dengan musik bersemangat

Nyalakan lagu bersemangat

Saat mengerjakan pekerjaan rumah, ada baiknya Anda menyalakan lagu-lagu dengan tempo cepat atau bersemangat. Tujuannya, agar Anda lebih bersemangat serta cekatan, sehingga kalori lebih banyak yang terbakar.

Membakar kalori saat melakukan pekerjaan rumah cukup mudah dilakukan, bukan? Bahkan, jika B’timers rutin melakukannya, kegiatan ini akan lebih menyenangkan dan membawa manfaat untuk kesehatan. Selamat mencoba! (dfr)

Share This Article