Yoga, Olahraga yang Selaraskan Tubuh dan Pikiran | Breaktime
Yoga, Olahraga yang Selaraskan Tubuh dan Pikiran
15.05.2015

Ada begitu banyak pilihan olahraga untuk menjaga kesehatan tubuh. That’s true B’timers, olahraga-olahraga tersebut memang membuat kita jadi lebih sehat dan bisa juga menjadi sarana menyalurkan hobi bagi sport addict.

But that’s all, kita jadi sehat dan tak ada efek lain yang diperoleh. Tapi, lain halnya dengan yoga. Gerakan yoga memberi manfaat yang benar-benar membuat keseluruhan diri kita saling terhubung. Yoga merupakan sumber filosofis, spiritual, dan pencerahan sosial. Lantas seperti apa yoga menghubungkan jiwa dan tubuh kita?

Mau tak mau, yoga memang melatih kesabaran kita. Mempelajari setiap gerakan baru dalam yoga, secara mental dan fisik dapat menjadi tantangan tersendiri. Hal ini membuat diri kita berkomitmen untuk bisa sukses. Tak hanya itu yang dapat membuat tubuh kita terhubung, yoga juga merupakan olahraga yang sangat baik untuk jantung.

Agar mendapat manfaat optimal yoga, cobalah untuk tidak bersantai-santai dan jangan berlatih gerakan dengan slow.  Perbanyak melakukan yoga di bawah paparan sinar matahari agar jantung makin sehat. Di samping itu, yoga juga dapat melatih kekuatan otot. Kuncinya sama, dengan aktif berlatih gerakan yoga dan lebih sedikit beristirahat di sela latihan.

Yoga merupakan olahraga yang dapat menghubungkan tubuh dengan jiwa
Yoga merupakan olahraga yang dapat menghubungkan tubuh dengan jiwa

Yoga juga dapat menghubungkan tubuh  dan pikiran, sekaligus menghubungkan jiwa lewat beragam cara. Melakukan gerakan yoga dapat menjaga mental agar tetap tenang dan secara fisik bisa meredakan stress. Sementara, dengan perasaan yang tenang, kita akan dapat berpikir lebih jernih dan rasional, serta bisa mendapatkan pencerahan spiritual.

Bagi kebanyakan orang, sisi spiritual jiwa merupakan kunci menuju kebahagiaan dan kepuasan. Yoga sebagai olah tubuh dapat menjadikan Anda lebih sehat dan stress pun berkurang. Inilah yang merupakan wujud dari koneksi spiritual dalam latihan yoga Anda. Dengan melakukan yoga, kepuasan seutuhnya bisa dicapai.

Harmoni tubuh dan jiwa lewat latihan gerakan yoga
Harmoni tubuh dan jiwa lewat latihan gerakan yoga

Melakukan olahraga yoga menjadi latihan gerak untuk tubuh, sekaligus melatih mental dan spiritual. Ditambah lagi, jika kita belajar filosofi yoga, kita bisa terinspirasi melakukan gerakan yoga dengan sempurna.  Yang lebih penting, perlu diingat bahwa manfaat sepenuhnya dari berlatih yoga bisa didapat lewat kesungguhan, usaha dan perhatian kita dalam melakukan gerakan yoga. Jadi, berlatih gerakan yoga benar-benar menyatukan jiwa dan tubuh kita.

Nah, Breaktime kasih kabar gembira, nih. Ada event yoga massal yang digelar AXA serentak di tiga kota, yaitu Jakarta, Yogyakarta dan Denpasar pada 17 Mei 2015 esok! B’timers mau ikuti keseruannya? Buruan daftar di sini https://axa.co.id/ingatsehat/ayosehatindonesiaku

Share This Article