Yoga for Kids: Bantu Anak Belajar Membaca | Breaktime
Yoga for Kids: Bantu Anak Belajar Membaca
10.05.2015

Siapa bilang kalau yoga hanya diperuntukkan bagi orang dewasa? Believe it or not, yoga ternyata juga sangat bermanfaat untuk anak-anak, lho! Yap, gerakan yang menekankan keseimbangan dan ketenangan pikiran ini mulai jamak dilakukan oleh berbagai kalangan masyarakat tak terkecuali anak-anak.

Di kalangan orang dewasa, umumnya yoga memang bertujuan untuk menghadirkan ketenangan lewat meditasi di alam terbuka. Sementara itu, sejumlah praktisi yoga juga meyakini bahwa kegiatan semacam ini dapat mempengaruhi kemampuan membaca dan menulis anak.

Sebagai guru yoga “Kids Yoga Jakarta”, Tina Miladi menuturkan bahwa dirinya banyak mengajarkan gerakan-gerakan menyilang meridian (crossing pattern) seperti kanan-kiri dan atas-bawah. Menurut Tina, gerakan ini bermanfaat untuk membantu proses membaca, menulis, dan juga berhitung.

Posisi crossing pattern yang dukung kemampuan baca dan tulis anak
Posisi crossing pattern yang dukung kemampuan baca dan tulis anak

Hal ini terjadi karena crossing pattern menuntut anak untuk melakukan banyak gerakan sehingga akan mengaktifkan kedua belahan otak yang sangat berpengaruh terhadap sisi kreativitas. Di samping itu, yoga juga melatih anak untuk berkonsentrasi melalui teknik pernapasan. Dengan teknik ini, pola bicara, emosi, dan konsentrasi anak akan lebih mudah untuk diatur. Masalahnya, bagaimana bila di tengah melakukan yoga tiba-tiba anak merasa bosan?

Untuk mencegahnya, Tina membuat permainan menarik yang masih berhubungan dengan falsafah yoga seperti menirukan suara alam ataupun melakukan gerakan-gerakan hewan yang lucu. Dengan begitu, kondisi emosi anak akan lebih terjaga dan kembali antusias untuk melakukan yoga.

Di sisi lain, yoga juga akan membantu anak-anak tumbuh sebagai sosok yang memiliki kepercayaan diri karena yoga mengajarkan pembentukan karakter dan mengontrol emosi dengan sangat baik. Kalau B’timers ingin buah hati belajar yoga, selalu dampingi dan perhatikan setiap perkembangannya, ya!

Share This Article