Yang Hobi Begadang, Hati-Hati dengan Berat Badan | BREAKTIME
Yang Hobi Begadang, Hati-Hati dengan Berat Badan
04.04.2015

Karena kesibukan yang sangat padat, terkadang tidur menjadi salah satu hal yang dikorbankan oleh para pekerja. Namun, ada isu yang berkembang bahwa kurang tidur pada malam hari tidak hanya akan mempengaruhi suasana hati pada pagi hari namun juga bisa menyebabkan overweight. Benarkah kalau kurang tidur bisa menyebabkan kelebihan berat badan? 

Tidur yang ideal adalah selama 6 hingga 8 jam, jika tubuh kekurangan istirahat bayangkan apa yang akan terjadi. Susan Zafarlotfi, PhD, seorang clinical director di Institute for Sleep and Wake Disorders at Hackensack University Medical Center in New Jersey mengatakan bahwa ketika Anda kekurangan istirahat, energi akan berkurang dengan drastis dan menimbulkan rasa lapar. Ujung-ujungnya, Anda akan mengonsumsi berbagai makanan sumber energi seperti halnya keripik kentang atau seporsi hamburger ukuran jumbo. 

Setelah perut kenyang, Anda pun perlahan akan merasa mengantuk. Nah, pada saat inilah lemak dan kalori akan tertimbun dalam tubuh sehingga menyebabkan peningkatan berat badan. Hal ini juga didukung oleh sebuah penelitian yang diterbitkan pada PNAS (Proceedings of the National Academy of Sciences of the United States of America) yang menyatakan bahwa orang-orang yang tidur 5 jam ataupun kurang dari itu pada malam hari, memiliki kecenderungan untuk ngemil setelah makan malam dan tentu saja akan menambah berat badan lebih banyak dibandingkan mereka yang cukup istirahat.

Selain itu, ketika Anda kekurangan waktu tidur, proses metabolisme di dalam tubuh menjadi lebih lambat sehingga sulit menyerap energi. Nah, pelambatan yang terjadi ini akan menyebabkan keluarnya hormon cortisol, yang merupakan hormon penambah selera makan. Tubuh akan merasa membutuhkan energi tambahan, maka dari itu tidak heran jika Anda banyak ngemil setelah insomnia atau begadang semalaman. 

Nah, sudah jelas sekali bukan jika kurang tidur memang bisa menyebabkan overweight? Bagi B’timers yang ingin memiliki bentuk tubuh ideal, usahakan untuk mendapatkan waktu tidur yang cukup setiap harinya.

Share This Article