Konsumsi Sebelum, Ketika, dan Sesudah Olahraga | Breaktime
Yang Harus Dikonsumsi Sebelum, Ketika, dan Sesudah Olahraga
14.12.2015

Olahraga rutin sudah menjadi kebutuhan jika B’timers ingin menjalankan pola hidup yang sehat. Nah, asupan nutrisi Anda juga sama pentingnya dengan olahraga untuk kesehatan. Apa yang Anda makan dan minum bisa sangat mempengaruhi kekuatan fisik Anda, serta kemampuan tubuh untuk recover.

Asupan kalori, nutrisi dan cairan yang cukup akan memberikan energi dan stamina yang bisa membuat Anda tetap aktif dalam menjalankan gaya hidup sehat. Karbohidrat adalah sumber energi terbaik dan itu bisa Anda dapat dari buah dan sayur. Sedangkan protein sangat baik untuk pembentukan otot.

Sebelum berolahraga

Sama seperti mengisikan bahan bakar untuk kendaraan Anda, Anda juga harus mengisi tubuh Anda dengan bahan bakar sebelum berolahraga. Yang terbaik adalah makan dalam jangka waktu dua hingga tiga jam sebelum olahraga. Contoh makanan yang bisa Anda konsumsi:

  • Oatmeal dalam porsi kecil
  • Jus buah
  • Roti bakar dengan selai atau madu
  • Susu bebas lemak

Hindari makanan yang banyak mengandung lemak, protein atau serat sebab dapat memperlambat proses pencernaan atau membuat Anda kram saat berolahraga.

Konsumsi Sebelum, Ketika, dan Sesudah Olahraga | Breaktime
Memperhatikan asupan untuk olahraga sangatlah penting

Ketika berolahraga

Jika Anda ingin berolahraga lebih lama dari satu jam, Anda mungkin akan butuh asupan saat tengah berolahraga. Mengonsumsi makanan yang tinggi karbohidrat dapat membantu mencegah masalah atau gangguan pada perut. Anda bisa mengonsumsi:

  • Energy bar
  • Pisang
  • Roti dengan jeli

Setelah berolahraga

Jika Anda selesai melakukan olahraga intens atau lebih dari satu jam, maka tubuh harus mendapat penggantian nutrisi dan energi. Sebaiknya makanlah 45 menit setelah berolahraga, serta pilih asupan yang seimbang dan lengkap dengan kandungan karbohidrat, protein dan sedikit lemak. Contoh makanan yang tepat:

  • Roti dengan daging, sayur dan susu rendah lemak.
  • Nasi beras merah, keju, salsa dan alpukat dibalut tortilla gandum.
  • Daging sapi tanpa lemak disangrai, sayur dan nasi beras merah.

Atau jika Anda hanya ingin mengonsumsi makanan ringan:

  • Smoothie berbahan buah dan yogurt
  • Selai kacang dan pisang dengan susu rendah lemak

Nah, selain asupan makanna, hidrasi juga sangat penting untuk tubuh. Sebab, tubuh kehilangan banyak cairan, terutama saat berolahraga. Anda juga bisa mengetahui apakah Anda kekurangan cairan dengan melihat warna urin. Jika urin berwarna gelap, itu berarti Anda kekurangan cairan. Jika warna urin terang, berarti kebutuhan cairan Anda sudah cukup.

Kini, B’timers siap berolahraga dan menyehatkan tubuh secara optimal? (md)

Share This Article