Yakin Cara Lari Anda Sudah Benar? Cek di Sini! | Breaktime
Yakin Cara Lari Anda Sudah Benar? Cek di Sini!
12.04.2016

Berlari adalah salah satu kegiatan yang menyenangkan. Apalagi olahraga tersebut dilakukan di pagi hari, hmm pasti menyegarkan. Selain beberapa hal tersebut, berlari adalah salah satu olahraga yang sangat baik untuk kesehatan jantung. Berlari dapat memperbaiki kondisi kardiovaskular dan membuat jantung berdetak stabil.

Namun, meskipun berlari merupakan salah satu olahraga termudah yang pernah ada, tidak semua orang bisa melakukannya dengan benar. Bahkan banyak yang sering melakukan kesalahan-kesalahan seperti berikut:

Melihat ke bawah

Tidak sedikit orang yang melakukan kesalahan ini ketika sedang berlari. Ya, melihat ke arah kaki yang sedang berlari memang sedikit menyenangkan. Melihatnya berakselerasi dengan lintasan yang ada membuat seorang pelari senang. Namun, hal ini ternyata salah B'timers karena apabila terlalu sering melihat ke bawah akhirnya postur tulang bagian leher akan menyebabkan postur tubuh menjadi buruk.

Mengenakan ukuran sepatu yang salah

Peralatan olahraga menentukan kualitas olahraga seseorang juga B'timers. Karena olahraga yang akan dilakukan adalah berlari, maka sepatu merupakan alat olahraganya. Nah, ketika seorang pelari menggunakan sepatu yang tidak sesuai dengan ukurannya, yang terjadi adalah kaki mengalami rasa sakit, pertumbuhan otot kaki terganggu, dan lecet.

Melebihi batas

Karena target yang besar, maka olahraga yang dilakukan harus langsung berat. Pernyataan tersebut sebenarnya sedikit berbahaya B'timers. Memang benar, untuk mendapatkan yang terbaik kita harus melakukan yang terbaik pula meskipun benar. Akan tetapi harus bertahap dan diawali dengan batasan yang dimiliki. Hal tersebut juga berlaku ketika Anda sedang melakukan olahraga lari. Jadi, awali lari Anda sesuai dengan batasan diri.

Yakin Cara Lari Anda Sudah Benar? Cek di Sini! | Breaktime
Berlari bersama pasangan pastinya lebih menyenangkan

Kontrol nafas hilang

Biasanya kontrol nafas mulai hilang saat Anda sudah berlari lebih dari 7 menit B'timers. Beberapa menit awal, seorang pelari bisa mengontrol nafasnya agar tetap stabil. Tapi setelah itu, ritme bernafas sudah berubah. Hal ini salah, karena kontrol nafas juga mempengaruhi efisiensi seseorang dalam berlari.

Melambungkan kaki terlalu tinggi

Ini juga kebiasaan yang salah dan banyak orang melakukannya. Melambungkan kaki terlalu tinggi sama saja Anda membuang energi untuk hal yang percuma. Lambungkan kaki secara normal agar kualitas waktu serta manfaat yang dirasakan oleh tubuh bisa maksimal.

Latihan Anda hanya berlari

Nah, ini juga merupakan sebuah kesalahan B'timers. Berlari memang menyehatkan untuk jantung, akan tetapi tidak dianjurkan untuk berolahraga hanya dengan berlari saja. Lakukan olahraga lainnya seperti push up, berepeda, atau senam agar otot Anda bisa berkembang dan kesehatan tubuh tetap terjaga.

Itulah beberapa kesalahan seorang pelari yang sering dilakukan dan bahkan ada yang menggunakan pola tersebut sampai sekarang. Apabila B’timers ingin tubuh jadi sehat, maka tidak ada salahnya memperbaiki kesalahan-kesalahan ketika berolahraga tersebut bukan? (wsu)

Baca juga : ALASAN KENAPA JALAN LEBIH SEHAT DARI LARI

Share This Article