Wow, Punggung yang Seksi Bisa Didapat dari Angkat Berat | Breaktime
Wow, Punggung yang Seksi Bisa Didapat dari Angkat Berat
26.09.2015

Tentunya bukan hanya para pria saja yang menginginkan bentuk tubuh atletis, kaum Hawa juga mendambakannya. Tapi bukannya ingin menonjolkan otot di lengan, para wanita lebih ingin membuat singset bagian tubuh tertentu, misalnya saja punggung. Nah, ada beberapa latihan angkat berat yang bisa dilakukan untuk memaksimalkan pembentukan punggung yang seksi, seperti berikut ini:

Lateral Raise

Dengan latihan ini, Anda akan mendapatkan V shapped torso yang menawan
Dengan latihan ini, Anda akan mendapatkan V shapped torso yang menawan

Teknik satu ini dapat dilakukan dengan cara berdiri dengan posisi lutut dan punggung sedikit ditekuk dengan kedua tangan menggegam barbell. Buka kaki agak melebar dan ayunkan kedua tangan sejajar dengan bahu, kemudian turunkan perlahan sampai kedua tangan yang menggenggam barbell bertemu di bawah. Ulangi beberapa kali.

Deadlift

Latihan satu ini memiliki manfaat dan fungsi sama seperti latihan squat
Latihan satu ini memiliki manfaat dan fungsi sama seperti latihan squat

Untuk melakukan deadlift, B’timers bisa mengawali dengan posisi badan berdiri tegak, kaki agak terbuka selebar bahu. Kedua tangan memegang barbell sebagai pemberatnya. Secara perlahan, turunkan barbell ke bawah dengan menahan tubuh tidak sampai jongkok, lutut menekuk serta usahakan punggung bagian bawah tertekuk, sedangkan punggung bagian atas tetap datar. Kepala juga harus tetap dalam keadaan tegak dalam menaik dan menurunkan barbell.

Single Arm Rows

Selain punggung, bagian lengan juga akan mendapatkan manfaat dari latihan satu ini
Selain punggung, bagian lengan juga akan mendapatkan manfaat dari latihan satu ini

Untuk melakukan teknik single arm rows, Anda memerlukan bantuan bangku untuk menahan tubuh. Naikkan satu lutut ke atas bangku, sedangkan kaki satu lagi sebagai penopang tubuh untuk tetap berada di tanah. Genggam barbell pada tangan yang sama dengan kaki yang berada di tanah. Angkat barbell mendekati dada dan usahakan posisi tubuh lurus dengan bangku. Ulangi secara bergantian.

Shoulder Shrugs

Bahkan gerakan ini dapat Anda lakukan tanpa beban di kantor
Bahkan gerakan ini dapat Anda lakukan tanpa beban di kantor

Untuk teknik satu ini, B’timers tidak akan melakukan banyak gerakan,. Cukup berdiri dengan kaki terbuka selebar bahu serta kedua tangan memegang barbell, Anda hanya perlu menaikturunkan pundah dan bahu saja. Barbell pada tangan berfungsi sebagai pemberat.

Upright Rows

Dengan latihan ini, Anda dapat lebih mengisolasi otot pundak
Dengan latihan ini, Anda dapat lebih mengisolasi otot pundak

Cara melakukan teknik upright rows yaitu dengan berdiri tegak lurus dan kaki terbuka selebar bahu. Kedua tangan memegang barbell. Angkat barbell ke atas sampai posisinya lurus dengan dada. Usahakan agar punggung tetap tegak, kemudian turunkan barbell perlahan dan ulangi step tersebut beberapa kali.

Barbell Rows

Untuk melakukannya, tubuh bagian atas diharapkan kuat, agar dapat menghindari cedera
Untuk melakukannya, tubuh bagian atas diharapkan kuat, agar dapat menghindari cedera

Untuk dapat memperkuat dan membentuk otot punggung agar terlihat atletis dan seksi, B’timers dapat menggunakan teknik barbell rows, yaitu teknik angkat beban seperti deadlift hanya saja dalam cara ini Anda harus lakukan dengan tubuh sedikit membungkuk. Langkah pertama, Anda harus berdiri dan membuka kaki selebar bahu dan gunakan posisi sedikit membungkuk dengan bahu dan paha sebagai titik tumpunya. Upayakan punggung bagian bawah menekuk, sedangkan punggung bagian atas lurus. Kedua tangan memegang barbell yang diangkat perlahan sebatas dada kemudian diturunkan lagi.

Bagi B’timers yang ingin membentuk otot punggung agar seksi dan terlihat lebih atletis, lakukan gerakan-gerakan tersebut, ya!

Share This Article