Wortel Bikin Mata Jernih, Bukan Sekedar Mitos | Breaktime
Wortel Bikin Mata Jernih, Bukan Sekedar Mitos
27.05.2015

Untuk mendapat manfaat seutuhnya, menjalankan pola hidup sehat adalah keharusan bagi setiap orang. Menjaga keseimbangan antara pola makan, waktu istirahat, dan olahraga teratur adalah langkah utama dalam memelihara kesehatan. Hal serupa berlaku untuk setiap organ tubuh lho, B’timers. Termasuk mata yang menjadi indera penglihatan kita.

Organ tubuh vital yang satu ini ibarat jendela yang menjadi penghubung kita dengan dunia luar. Namun kadang kita sering kurang memperhatikan dan menjaga kesehatan mata dan memaksanya tetap bekerja keras meski sudah waktunya mata beristirahat. Misalnya saja tidak membiarkan gadget seperti smartphone atau televisi lepas dari kita saat tiba waktunya tidur.

Nah, jika kebiasaan tersebut sulit dihilangkan begitu saja, setidaknya mengonsumsi asupan yang bisa menyehatkan mata harus kita lakukan. Salah satu makanan yang paling bak untuk mata adalah wortel. As you already know, wortel kaya vitamin A atau retinol yang sangat baik untuk mata. Nah, tak hanya membuat mata sehat, wortel bisa membantu mata melihat dalam gelap, lho.

That’s true, jika Anda kekurangan vitamin A, maka Anda mengalami penglihatan kabur di malam hari. Namun, jika Anda berada di tempat yang sangat gelap atau gelap total, tentu saja mata Anda takkan bisa melihat apapun. Nah, jika Anda harus melihat di tempat dengan penerangan temaram, wortel bisa jadi jawabannya. Why?

Olahan wortel yang sangat baik untuk kesehatan mata
Olahan wortel yang sangat baik untuk kesehatan mata

Kandungan retinol seperti yang disebutkan tadi, berperan mensintesis rhodopsin, yakni pigmen pada mata yang membantu mata melihat dalam gelap. So, jika Anda masih kurang atau bahkan belum bersahabat dengan wortel, cobalah untuk lebih dekat dengan sayuran berwarna oranye yang satu ini. Agar lebih bervariasi dan tidak bosan, konsumsilah wortel yang sudah diolah menjadi masakan agar vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh juga semakin komplet.

Nah, untuk mendapat manfaat kesehatan optimal sekaligus membuat penglihatan semakin cemerlang dalam keadaan gelap sekalipun, perbanyak konsumsi wortel, B’timers!

Share This Article