Waspadai Ngemil Manis Tak Terkendali! | Breaktime
Waspadai Ngemil Manis Tak Terkendali! Cegah dengan Cara Ini
17.01.2016

Godaan makanan manis setelah makan besar tidak mudah untuk dibendung. Jika B’timers salah satu dari orang yang selalu lapar mata ketika bertemu makanan manis, maka Anda wajib waspada. Makanan manis memang berfungsi meningkatkan gula darah sehingga Anda tetap berenergi, namun B’timers akan terancam terkena resiko diabetes jika hal ini terus berlanjut. B’timers sebaiknya mulai mengendalikan diri dengan cara sebagai berikut:

  • Selidiki kebiasaan makan Anda

B’timers kadang tergoda untuk mencomot snack atau soda di toko, bukan? Sebaiknya Anda menanyakan kembali kepada diri sendiri seberapa ingin tubuh Anda mengonsumsinya. Bisa jadi keinginan mengunyah itu datang dari sisi emosional B’timers akibat stres dan kebiasaan buruk Anda selama ini. Memakan karbohidrat dan gula memang mampu membuat otak lebih rileks, tidak heran jika B’timers selalu ingin makanan yang manis saat mengalami masalah berat.

Waspadai Ngemil Manis Tak Terkendali! | Breaktime
Roti gandum tak kalah lezat, kan?
  • Beralih ke gandum

Mengganti nasi putih dan roti biasa dengan gandum, beras merah, dan oats bisa jadi pilihan lain yang kaya serat juga, lho. Gandum, beras merah, dan oats mampu menjaga gula darah tetap stabil sehingga tidak mudah tertarik untuk ngemil makanan yang manis. Selain itu, B’timers akan terhindar dari resiko diabetes dan membantu menurunkan berat badan lebih baik.

Waspadai Ngemil Manis Tak Terkendali! | Breaktime
Buah segar bagus untuk pertumbuhan
  • Sediakan snack sehat

Cara paling aman untuk terhindar dari camilan manis adalah menjauhkan diri dari camilan itu sendiri. Hindari menyetok banyak permen, coklat, dan minuman bersoda. Ganti snack B’timers dengan yang lebih menyehatkan, seperti buah segar dan yoghurt rendah lemak. Manisnya bisa tetap Anda rasakan sekaligus mendapatkan manfaat dari antioksidan dan vitamin yang terkandung.

Waspadai Ngemil Manis Tak Terkendali! | Breaktime
Awas jangan sampai berlebihan, ya!
  • Rencanakan pola makan

Memakan snack bukanlah pantangan, namun lebih baik dikontrol jumlahnya. Untuk menjaga agar B’timers tidak kelewat batas, rencanakan dengan baik makanan apa saja yang masuk ke dalam tubuh Anda. Jangan sampai B’timers mengonsumsi makanan di luar rencana Anda. Selain itu, memberi sedikit jeda antara setiap suap snack ke dalam mulut juga membantu, lho. Indra perasa Anda akan mudah jenuh setelah beberapa gigitan. Jadi, sebaiknya B’timers cukup menyuap 2-3 sendok lalu menghentikannya.

Anda hanya perlu jujur pada diri sendiri. Buatlah catatan makanan apa saja yang sudah B’timers konsumsi setiap hari, dengan begitu Anda akan mempu melihat seperti apa pola makan Anda. Jika pada catatan terbukti Anda mulai banyak mengonsumsi makanan mengandung gula, atau mulai ingin makan yang manis-manis, segera ganti asupan makanan B’timers dengan gandum dan buah-buahan segar. Ini bisa membuat B’timers lebih terkontrol dan hidup sehat pun akan dapat Anda jalankan. (ft)

Share This Article