Wajib Tahu! Tips Mudah Menjaga Kesehatan Jantung | Breaktime
Wajib Tahu! Tips Mudah Menjaga Kesehatan Jantung
26.09.2017

B’Timers, kalau kita renungkan organ jantung adalah organ vital yang paling keren. Bayangkan saja, organ yang berukuran hanya sekepalan tangan ini terus-menerus bekerja tanpa istirahat selama Anda hidup. Sedetik saja organ jantung berhenti berdetak maka bisa dipastikan orang tersebut akan kehilangan nyawanya. Penyakit jantung sampai saat ini juga dinilai sebagai salah satu silent killer yang merenggut puluhan juta nyawa tiap tahunnya, korbannya pun tak memandang jenis kelamin, usia, maupun status sosial. Jadi, kita semua tentu tahu kan betapa pentingnya mengetahui dan melaksanakan tips mudah menjaga kesehatan jantung.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Efek Buruk Rambut Sering Terkena Panas Hairdryer

Dan kabar baiknya, tips mudah menjaga kesehatan jantung yang akan Breaktime ulas bisa Anda terapkan dalam kehidupan Anda sehari-hari. Contohnya yang paling sederhana adalah dengan rajin berolahraga. Olahraga sudah diketahui manfaatnya dalam membantu program diet, olahraga juga punya manfaat yang besar dalam membantu pencegahan terbentuknya plak-plak kolesterol di dalam pembuluh darah. Resiko penyumbatan pembuluh darah yang tak hanya mengakibatkan stroke, tapi juga serangan jantung jadi terminimalisir.

Jogging seringkali dijadikan olahraga terfavorit yang dilakukan untuk mencegah penyakit jantung. Tapi kami tahu tidak semua orang suka dengan olahraga satu ini. Nah, buat Anda yang lebih prefer olahraga di dalam rumah, olahraga aerobik dan yoga ternyata juga bisa menurunkan resiko serangan jantung lho.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Waktu Terbaik Untuk Menurunkan Berat Badan

Olahraga aerobik dinilai sangat tepat karena gerakan-gerakan pada senam tersebut membantu otot menjadi lebih lentur sekaligus membuat Anda semakin rileks. Aerobik juga membantu mencegah meningkatnya produksi adrenalin (yang kalau diproduksi secara berlebihan justru bisa membahayakan jantung Anda). Salah satu olahraga aerobik yang bisa dilakukan di rumah adalah menari. Ya, putar lagu favorit Anda and dance to the tune! 

Wajib Tahu! Tips Mudah Menjaga Kesehatan Jantung | Breaktime
Ayo, lakukan tips mudah menjaga kesehatan jantung

Selain senam aerobik dan yoga, olahraga santai yang memberikan manfaat untuk kesehatan jantung Anda adalah berenang. Yap, berenang termasuk olahraga yang sangat sempurna untuk melatih seluruh otot tubuh Anda, lho. Ketika Anda berenang, hampir seluruh otot tubuh kaki dan tangan Anda bergerak. Selain itu, berenang juga sangat bermanfaat untuk membantu memperkuat otot paru-paru dan jantung. Ditambah lagi, manfaat relaksasi saat bersentuhan dengan sejuknya air akan membantu menurunkan level tekanan darah dan memicu produksi kolesterol baik (HDL) sehingga resiko kolesterol tinggi pun terhindarkan.

Selain itu, olahraga renang juga bisa dilakukan oleh orang yang berusia sekitar 40 tahun ke atas lho. Jadi, di lain kali Anda akan pergi berenang di kolam renang jangan lupa untuk mengajak serta orangtua atau kerabat keluarga Anda!

Untuk olahraga yang sedikit intens, Anda bisa mulai membiasakan diri untuk berolahraga tenis. Tak hanya tenis, olahraga bulu tangkis dan pingpong juga bisa membantu memperkuat otot jantung Anda. Olahraga ini juga memberikan timing jeda yang pas sehingga jumlah oksigen menuju jantung pun semakin optimal. Berolahraga tenis atau badminton secara rutin juga bisa membantu mencegah adanya tekanan darah tinggi. Agar Anda tidak bosan, Anda bisa memberikan variasi regime olahraga Anda tiap minggu.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Olagraga Menurunkan Berat Badan Singkat

Selain berolahraga, tips mudah menjaga kesehatan jantung yang lain adalah dengan mengkonsumsi makanan yang sehat. Basic rule yang sama dengan menu makan diet adalah, jauhi processed food sebisa mungkin. Perbanyak konsumsi ‘makanan hidup’ seperti sayuran dan buah-buahan. Untuk pengganti camilan seperti kue dan permen, coba perbanyak konsumsi kacang-kacangan seperti kacang almond dan walnut. Kacang-kacangan tersebut tidak hanya mengandung zat protein yang membuat Anda merasa kenyang lebih lama, tapi juga mengandung lemak HDL yang berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Lemak omega 3 di dalam kacang-kacangan juga membantu mencegah detak jantung yang abnormal, yang dapat mengakibatkan serangan jantung mendadak.  (dkp)



artikel kompilasi
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE