Ups, Ups, Jangan Lupa Kontrol Berat Badan Anda! | Breaktime
Ups, Ups, Jangan Lupa Kontrol Berat Badan Anda!
03.01.2017

B’Timers, selama liburan panjang tentu Anda telah menghabiskan waktu bersenang-senang dengan keluarga dan hangout bersama teman-teman. Saat-saat berkumpul rame-rame tentu rasanya tidak lengkap tanpa kehadiran aneka jajanan yang manis dan lezat. Ups, setelah cemil sana cemil sini baru kemudian Anda menyadari bahwa tubuh Anda terasa berat, dan Anda pun menjadi lebih malas bergerak. Wah, jika Anda menghadapi hal-hal tersebut saatnya Anda mempertimbangkan diri untuk mengadakan program diet.

Eits, tetapi dalam menjalankan program diet pun Anda tidak boleh asal-asalan, lho! Hal pertama yang harus Anda lakukan sebelum mencari tahu program diet yang sesuai dengan Anda adalah mencari tahu berapa berat badan ideal Anda. Hmmm, bagaimana cara mengetahuinya, ya? Satu-satunya cara untuk mengetahui berapa berat badan ideal Anda adalah menghitung berat badan Anda dengan tinggi badan Anda. Dan tenang saja, cara penghitungannya tergolong sangat sederhana, kok! Yuk, intip tips menghitung berat badan ideal Anda!

Ups, Ups, Jangan Lupa Kontrol Berat Badan Anda! | Breaktime
Yuk, rajin-rajin mengontrol berat badan!

Rumus:

Berat badan ideal = (tinggi badan -100) x 90%

Nah, waktunya soal cerita nih! Jadi mari ambil permisalan bahwa Anda memiliki postur tubuh dengan tinggi 155 cm, maka rumus lengkap dari perhitungan berat badan ideal Anda adalah:

(155-100) x 90%

Dalam arti, dari hasil pengurangan angka 155 dan angka 100 akan menghasilkan angka 55. Setelah itu Anda hanya perlu mengalikan hasil pengurangan tersebut dengan angka 90 %. Hasil dari perkalian tersebut merupakan berat badan ideal Anda. Dan bagaimana Anda tahu bahwa Anda perlu melakukan diet?

Hal tersebut dapat diketahui dengan cara apabila berat badan Anda saat ini lebih dari berat badan ideal Anda sebanyak 10-20% maka Anda disarankan untuk melakukan diet. Sebaliknya, jika berat badan Anda saat ini menunjukkan angka yang kurang dari berat badan ideal sebanyak 10% maka Anda menderita kekurangan gizi dan sebaiknya Anda mulai mengkonsumsi makanan-makanan bergizi untuk memenuhi asupan yang dibutuhkan oleh tubuh. Oh iya, jika berat tubuh Anda melampaui 20% dari berat badan ideal, itu tandanya Anda menderita obesitas, jadi hati-hati dalam menjaga pola hidup Anda ya, B’Timers! (dkp)



artikel kompilasi
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE