4 Olahraga Ini Bisa Bahayakan Kesehatan Lansia | Breaktime
Ups, 4 Olahraga Ini Bisa Bahayakan Kesehatan Lansia
31.03.2016

Olahraga memang menyehatkan untuk tubuh. Apalagi ditemani rekan atau instruktur kesehatan, pasti akan terasa sangat menyenangkan. Namun, olahraga jadi buruk untuk seseorang saat sudah berusia di atas 50 tahun. Jadi, bagi Anda yang sudah berusia 50 tahun, alangkah baiknya untuk menghindari beberapa olahraga berikut:

Overhead presses

Latihan mengangkat beban dengan dumbbell berat ke arah atas kepala ini tidak baik untuk usia 50 tahun ke atas B'timers. Otot-otot manusia meskipun sudah dilatih sejak muda, akan mulai berkurang kekuatannya. Jadi untuk Anda yang sudah dalam usia ini lebih baik menyudahi latihan yang satu ini.

Leg extension machine

Leg extension atau disebut juga latihan otot kaki ini juga dilarang untuk mereka yang sudah berusia 50 tahun ke atas. Sama halnya dengan overhead, latihan ini juga memerlukan kekuatan otot kaki yang bagus. Jadi, akan lebih baik jika Anda tidak mengikuti sesi olahraga penguatan kaki, B'timers.

4 Olahraga Ini Bisa Bahayakan Kesehatan Lansia | Breaktime
Olahraga boleh saja, tapi harus disesuaikan dengan usia B'timers

Back extension on a Roman chair

Untuk latihan yang satu ini, olahragawan akan menggunakan otot punggung sebagai daya pacunya. Cara melakukannya hampir sama seperti push up, hanya saja yang diangkat adalah bagian punggung saja. Untuk mereka yang sudah berusia 50 tahun, sangat tidak dianjurkan untuk melakukan latihan yang satu ini karena kepadatan tulang seseorang sudah tidak sekuat dulu.

Plyometric exercises

Meskipun latihan ini terlihat ringan, namun olahraga ini membutuhkan fokus serta kelincahan B'timers. Jadi sangat tidak dianjurkan untuk Anda yang sudah berusia 50 tahun ke atas agar tidak melakukan olahraga ini.

Nah, itulah beberapa contoh olahraga yang sebaiknya tidak dilakukan oleh orang yang sudah berusia 50 tahun ke atas. Memang benar olahraga menyehatkan, akan tetapi alangkah baiknya jika disesuaikan dengan kondisi tubuh, termasuk juga usia. Selamat berolahraga, B'timers. (wsu)

Share This Article