Uniknya Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Diet | Breaktime
Uniknya Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Diet
12.09.2017

B’timers merasa mulai tak nyaman dengan banyaknya pakaian yang mulai terasa sesak karena berat badan bertambah? Ingin mengurangi berat badan tapi merasa ragu untuk memulai program diet? Tak sanggup mengikuti gym training yang nampak berat dan melelahkan? Ternyata beberapa hal unik berikut ini dapat menjadi cara menurunkan berat badan tanpa perlu berlelah-lelah diet atau olahraga keras. Kuncinya? Berat badan Anda akan turun dengan mudah dengan melakukan hal-hal yang dapat mengurangi nafsu makan di bawah ini.

Pernahkah B’timers berpikir, apa sih serunya mengambil gambar dari makanan yang hendak dikonsumsi? Selain para food blogger atau food photographer yang memang mencari nafkah dengan memotret aneka jenis makanan, masyarakat awam biasanya mengambil foto makanan untuk diunggah ke akun Instagram maupun media sosial lainnya. Selain untuk dipamerkan di dunia maya, memotret makanan ternyata berdampak positif terhadap penurunan berat badan Anda lho! Cobalah secara rutin memotret makanan yang hendak Anda lahap. Joan Salge Blake, penulis buku Nutrition & You menuturkan bahwa mengambil foto makanan kemudian memandangi hasil foto tersebut sebelum dimakan akan membuat Anda kurang bernafsu atau bahkan enggan untuk makan.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Ladies, Ketahui Cara Membentuk Otot Perut Ini!

Hal kedua yang bisa mengurangi nafsu makan Anda ialah menghirup aroma pisang, apel, atau peppermint sebelum waktu makan. Meski terdengar konyol, sebuah riset mengenai hal ini telah dilakukan oleh Dr Alan R. Hirsch dari Smell & Taste Treatment and Research Foundation di Chicago terhadap sejumlah 3.000 sukarelawan. Hasilnya sungguh mengejutkan lho, B’timers! Ternyata dari sebagian besar subjek penelitian yang diminta mengendus ketiga jenis aroma tersebut sebelum makan, mereka merasa tidak begitu lapar dan dampaknya mereka kemudian mengalami penurunan berat badan hingga 30 pounds masing-masing. Fakta ilmiah di balik eksperimen tersebut menyatakan bahwa mengendus bebauan dapat mengecoh sel otak bahwa Anda tengah mengkonsumsi makanan tersebut.

Penasaran kenapa nafsu makan Anda seharian begitu besar? Para tenaga medis di The Doctors mengungkapkan dalam sebuah eksperimen terbaru terhadap sekelompok wanita obesitas yang diminta mengkonsumsi sarapan lebih banyak daripada jumlah makan siang dan makan malam, yakni tepatnya 700 kalori di waktu pagi, 500 di siang hari, dan 200 kalori di malam hari. Kelompok kontrol dari riset yang sama, sebaliknya, diminta mengkonsumsi jumlah makan yang terbalik kuantitasnya, yakni 200 kalori untuk sarapan dan 700 untuk makan malam. Setelah dilakukan selama 13 bulan, eksperimen tersebut menunjukkan bahwa kelompok yang sarapan lebih banyak mampu mengurangi bobot hingga 18 pounds, sedangkan kelompok dengan makan malam yang lebih banyak hanya kehilangan sekitar 7 pounds.

Uniknya Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Diet | Breaktime
Menggantung cermin di ruang makan bisa jadi cara menurunkan berat badan
Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Mengenali 5 Nama Gerakan Yoga dan Manfaatnya

Anda merasa terlalu malas dan kurang motivasi untuk berolahraga? Cara menurunkan berat badan yang cukup unik selanjutnya ialah dengan melakukan jogging sederhana setiap kali Anda menerima kiriman pos berupa lembaran-lembaran tidak penting, seperti brosur iklan atau katalog promo. Daripada tumpukan kertas tersebut hanya teronggok sia-sia sambil menunggu dibuang, B’timers bisa memanfaatkan sampah tersebut untuk menjadi patokan olahraga sederhana Anda. Tak perlu terlalu berat, cukup lakukan lari-lari kecil keliling di dalam rumah atau naik-turun tangga tiap kali pak pos datang membawakan brosur dan katalog semacam itu. Hasilnya? Anda dijamin akan membakar kalori sebanyak 35 hingga 140 setiap kalinya.

Enggan olahraga bahkan untuk sesi yang paling ringan dan sederhana sekalipun? B’timers tetap bisa kok menurunkan berat badan. Caranya, gantunglah cermin di ruang makan Anda. Pilihlah cermin berukuran cukup lebar yang memanjang dan mampu merefleksikan seluruh pemandangan ruang makan Anda. Sebuah penelitian telah membuktikan bahwa makan di depan cermin mampu memangkas jumlah makanan yang dikonsumsi hingga sepertiganya.   

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Pose Yoga Untuk Pemula Bisa Dilakukan Di Kamar!

Terakhir, cobalah mendekorasi ruang makan Anda dengan warna biru. Gunakan piring berwarna biru, taplak meja makan biru, dan kenakan busana berwarna biru selagi makan. Tentunya B’timers pernah menyadari dong mengapa hampir tak ada satupun rumah makan yang menggunakan interior dan cat dinding berwarna biru? Hal tersebut ternyata memiliki dasar ilmiah. Warna biru memiliki pengaruh unik pada sel otak, yakni untuk mencegah lonjakan nafsu makan. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa dalam ruangan berwarna biru, orang-orang cenderung makan dalam porsi 33% lebih sedikit. Pencahayaan ruangan dan dinding berwarna biru menimbulkan suasana kebiruan yang membuat makanan cenderung terlihat kurang menggoda selera.

Sudah siap menjalankan cara menurunkan berat badan yang cukup unik tanpa mengeluarkan keringat setetes pun akibat berolahraga dan diet habis-habisan? (dee)



artikel kompilasi
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE