Turunkan Tekanan Darah Alami Tanpa Obat! | Breaktime
Turunkan Tekanan Darah Alami Tanpa Obat? Bisa Kok!
23.03.2016

Berkat pola makan dan gaya hidup B’timers, tidak mengherankan jika banyak dari Anda mengalami tekanan darah yang cukup tinggi. Stres dan obesitas menjadi faktor utama Anda menderita tekanan darah rendah. Dokter mungkin akan menganjurkan menjalani pengobatan, tetapi ternyata masih banyak cara alami yang lebih baik untuk menyembuhkan tekanan darah tinggi, seperti berikut.

Kurangi sodium

Penyebab utama tekanan darah tinggi adalah terlalu banyak konsumsi makanan yang mengandung sodium. Selalu cek kandungan sodium dalam setiap makanan yang masuk dalam tubuh B’timers. Mengurangi penambahan garam dalam makanan juga berdampak pada turunnya tekanan darah Anda

Turunkan Tekanan Darah Alami Tanpa Obat! | Breaktime
Batasi konsumsi garam yang memicu tekanan darah menjadi tinggi

Perbanyak vitamin dan mineral

Pilihlah makanan yang mengandung vitamin dan mineral, terutama Vitamin B6, potasium, magnesium, dan kalsium. Kandungan tersebut dapat B’timers temui pada makanan. Namun, jika Anda ingin mengonsumsi multivitamin tablet sebaiknya lakukan konsultasi dahulu dengan dokter Anda.

Tekan gula darah

Gula darah yang tinggi diakibatkan dari banyak mengonsumsi makanan minuman bergula dan karbohidrat. Mengurangi perlahan-lahan makanan dan minuman tersebut akan berdampak positif pada tekanan darah Anda. Dibanding konsumsi soda, ganti dengan air mineral yang sehat dan menyegarkan.

Turunkan Tekanan Darah Alami Tanpa Obat! | Breaktime
Gula darah stabil, tekanan darah pun ikut stabil pula

Lakukan kardio

Olahraga kardio merupakan cara terbaik untuk mengikis lemak sekaligus membuat jantung lebih sehat. Dengan jantung berdetak lebih sehat, tekanan darah Anda akan menjadi lebih stabil dan normal. Sisihkan waktu untuk melakukan kegiatan kardio seperti naik tangga ataupun berlari agar jantung B’timers terlatih menjadi lebih baik.

Angkat beban

Selain melakukan kardio, B’timers dapat pula melakukan angkat beban. Angkat beban akan membantu Anda membentuk tubuh menjadi lebih baik sehingga berdampak pada menurunnya tekanan darah. Luangkan waktu di sela kegiatan bersantai Anda untuk melakukan angkat beban dengan dumbbell.

Turunkan Tekanan Darah Alami Tanpa Obat! | Breaktime
Luangkan waktu untuk melakukan olahraga agar terhindar dari stress

Relaksasi dengan yoga atau pilates

Kegiatan sehari-hari menuntut Anda untuk stres tanpa B’timers sadari. Untuk mengistirahatkan otak, Anda dapat melakukan meditasi dengan yoga ataupun pilates. Berjalan-jalan sore dapat pula menjadi solusi menjernihkan pikiran Anda. Bebaskan pikiran tanpa beban, maka tekanan darah akan stabil seiring waktu.

Tidur berkualitas

Kurang tidur dapat menyebabkan tekanan darah B’timers menjadi lebih tinggi. Maka atur jadwal tidur Anda sehingga kembali menjadi normal. Konsultasikan dengan dokter mengenai pola tidur Anda, dan tanyakan mengenai konsumsi melatonin yang membantu produksi hormon tidur. Jika benar-benar perlu, konsumsi melatonin dalam periode singkat hingga pola tidur Anda kembali normal.

Turunkan Tekanan Darah Alami Tanpa Obat! | Breaktime
Atur jadwal tidur agar tidak memicu tekanan darah semakin tinggi

Hilangkan kebiasaan buruk

Merokok dan minum minuman beralkohol terbukti dapat meningkatkan tekanan darah Anda, lho! Kurangi sebisa mungkin asupan tembakau dalam tubuh Anda menjadi seminimal mungkin. Untuk minuman beralkohol, usahakan meminimalkan konsumsinya dan menggantinya dengan minuman yang lebih menyehatkan.

Konsumsi makanan penuh garam ataupun gula memang sangat sayang untuk ditinggalkan. Apalagi menghadapi kenyataan bahwa B’timers harus bekerja keras demi menurunkan tekanan darah. Tetapi, seiring kebiasaan tersebut Anda jalani, B’timers akan merasakan tubuh lebih sehat dan bugar dibandingkan sebelumnya. Semangat mencoba! (ft)

Share This Article