Turunkan Berat Badan Saat Tidur? Coba Tips Ini | Breaktime
Turunkan Berat Badan Saat Tidur? Coba 5 Smart Tips Ini
17.01.2016

Untuk menurunkan berat badan, pembakaran kalori adalah yang paling utama. Pembakaran kalori tidak hanya bisa diraih dengan melakukan aktivitas berat seperti fitness, olahraga atau diet. Saat B’timers tidur pun, sebenarnya tubuh juga melakukan pembakaran kalori. Nah, berikut ini tips smart yang bisa Anda terapkan untuk meningkatkan pembakaran kalori tubuh saat Anda sedang tidur.

Penuhi kebutuhan protein sebelum tidur

Teori yang kita kenal selama ini melarang kita makan di malam hari sebelum tidur. Padalah, peneliti di Florida State University menemukan bahwa orang yang mengonsumsi protein 30 gram saja sebelum tidur, mengalami pembakaran kalori dan pengeluaran energi  yang lebih tinggi keesokan harinya, dibandingkan dengan mereka yang tidak makan apa-apa sebelum tidur. Protein juga dapat membantu memperbaiki otot semalam saat Anda tidur. Semakin baik massa otot yang Anda miliki, semakin banyak kalori yang Anda bakar saat beristirahat.

Matikan lampu

Turunkan Berat Badan Saat Tidur? Coba Tips Ini | Breaktime
Tidur dalam kegelapan total dapat meningkatkan hormon melatonin

Menurut hasil sebuah penelitian yang diterbitkan di Journal of Pineal Research, tidur dalam keadaan gelap total akan membantu membakar banyak kalori. Di dalam kegelapan, tubuh Anda memproduksi hormon melatonin, yang tidak hanya membuat Anda merasa mengantuk tetapi juga dapat membantu dalam produksi lemak cokelat, yang berguna untuk pembakaran kalori. Jadi, jika Anda tinggal di daerah yang memungkinkan Anda menerima cahaya dari luar, gunakan tirai untuk menghalanginya, B’timers. Sebisa mungkin juga jangan menyalakan TV saat Anda tidur.

Turunkan suhu ruangan

Tidur di suhu dingin dapat membantu Anda membakar lebih banyak kalori dalam semalam. Tidur di kamar bersuhu dingin dapat membakar lebih dari 7 persen kalori lebih banyak saat tidur daripada tidur di kamar yang lebih hangat. Alasannya, tubuh mereka bekerja lebih keras untuk menaikkan suhu inti yang stabil. 7 persen memang tidak terdengar begitu banyak, tapi setidaknya bisa membantu Anda membakar kalori ekstra hingga 100 kalori selama 24 jam tidur.

Jauhkan layar elektronik

Turunkan Berat Badan Saat Tidur? Coba Tips Ini | Breaktime
Radiasi layar alat elektronik menurunkan metabolisme

Sebelum Anda bersiap-siap untuk tidur, matikan semua alat elektronik di kamar tidur. Peniliti di Manchester University menemukan bahwa gelombang radiasi yang dipancarkan layar tablet dan smartphone dapat mengganggu produksi hormon melatonin yang bisa mengganggu metabolisme. Jadi, jika ingin membakar kalori lebih banyak, matikan seluruh alat elektronik termasuk TV yang ada di kamar Anda.

Tidur dengan durasi yang cukup

Tidur cukup tentu adalah yang terpenting untuk membakar kalori saat tidur. Tak hanya untuk berat badan, Anda memang harus selalu menjaga durasi tidur agar kesehatan dan daya tubuh Anda selalu stabil. Penelitian yang diterbitkan di American  Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa orang yang beristirahat dengan cukup di malam hari mengeluarkan energi 5 persen lebih tinggi dari orang-orang yang tidak menjaga waktu tidurnya.

Mereka juga membakar 20 persen kalori lebih banyak setelah makan kemudian tidur. Penelitian terkait menemukan bahwa kurang tidur bisa membuat sel-sel lemak kurang sensitif terhadap insulin, ini akan membuat metabolisme menurun yang bisa berakibat pada obesitas.

Nah, mulai sekarang, tidurlah dengan nyenyak agar kalori ikut terbakar dan B’timers semakin sehat. (NAP)

Share This Article