Turun Berat Badan Saat Tidur, Mungkinkah? Ya! | Breaktime
Turun Berat Badan Saat Tidur, Mungkinkah? Ya!
10.04.2016

Semua aktivitas yang B’timers lakukan membutuhkan kalori dalam tubuh Anda. Mulai dari duduk, berjalan, hingga tertidur. Yap, memang kegiatan tidur tanpa Anda sadari membutuhkan banyak kalori, lho! Bagi B’timers yang ingin lebih berat badan berkurang selama tidur, berikut triknya untuk lebih memaksimalkan hasil.

Asupan protein sebelum tidur

Anggapan sebelum tidur bahwa B’timers tidak boleh memakan sesuatu bisa jadi benar. Namun, hal ini tergantung zat apa yang Anda makan sebelum tidur. Dibandingkan mengonsumsi makanan berkarbohidrat tinggi, tidak ada salahnya mencoba mengonsumsi jus protein.
Penelitian yang dilakukan oleh Florida State University menemukan bahwa pria yang mengonsumsi 30 gram protein sebelum tidur mengurangi banyak kalori selama tidur daripada yang tidak sama sekali. Protein yang B’timers konsumsi justru memberikan kesempatan terbentuknya otot selama semalaman. Semakin banyak otot yang terbentuk, maka semakin berkurang pula kalori yang dibakar.

Turun Berat Badan Saat Tidur, Mungkinkah? Ya! | Breaktime
Buat dulu smoothies dan teguk sebelum tidur agar bertenaga saat bangun

Turunkan suhu ruangan

Berdasarkan studi dalam jurnal Diabetes, seseorang yang tidur dalam ruangan yang lebih dingin ternyata mampu membakar kalori lebih banyak dibandingkan yang tidur di ruangan hangat. Orang yang tidur dalam ruangan dingin mampu membakar 100 kalori lebih banyak dibandingkan yang tidak.
Hal ini dapat terjadi karena tubuh B’timers berusaha keras untuk menjaga suhu tubuh tetap stabil dan hangat. Usaha keras dari dalam tubuh tersebut membutuhkan kalori ekstra. Dengan kalori ekstra tersebut, diubahlah menjadi bahan bakar sehingga suhu tubuh Anda tetap stabil.

Tidur dalam ruangan gelap

Saran yang paling sering B’timers dapatkan untuk memperoleh kualitas tidur maksimal adalah mematikan seluruh pencahayaan selama Anda tidur. Mulai dari cahaya lampu, TV, hingga smartphone ataupun tablet sebaiknya dalam kondisi mati selama Anda tidur.
Ketika B’timers tidur dalam ruangan yang gelap, tubuh Anda akan memproduksi hormon melatonin. Hormon tersebut tidak hanya membuat Anda terlelap, tetapi juga memperbaiki produksi dari lemak pembakar kalori dalam tubuh. Dengan begitu, Anda dapat memperoleh kualitas tidur yang baik sekaligus terbakarnya kalori tubuh.

Turun Berat Badan Saat Tidur, Mungkinkah? Ya! | Breaktime
Jauhkan cahaya gadget dari jangkauan Anda untuk tidur berkualitas

Waktu tidur cukup

B’timers mungkin sempat menganggap tidur adalah bukan prioritas Anda. Namun, sebenarnya waktu tidur justru waktu yang tepat untuk mengembalikan tubuh ke kondisi semula. Melalui tidur, sel-sel tubuh akan bekerja keras sehingga membutuhkan kalori lebih untuk dibakar.
Studi berdasarkan American Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa orang yang tidur cukup mampu membakar 20 persen kalori lebih banyak daripada orang yang kurang tidur. Kurang tidur juga menyebabkan sel lemak Anda menjadi kurang sensitif terhadap insulin, sehingga akan mengubah metabolisme dan memicu obesitas.
Siapa sangka, ya, hanya dengan tidur ternyata memiliki manfaat dalam membakar kalori Anda? Memang untuk hidup sehat Anda harus menjalani sejumlah komitmen dan tidak mengingkarinya. Dengan begitu, tubuh bugar akan selalu menjadi milik Anda. Eat well, exercise well, and rest well! (ft)

Share This Article