TRX, Solusi Cepat dan Nyaman Turunkan Berat Badan | Breaktime
TRX, Solusi Cepat dan Nyaman Turunkan Berat Badan
22.08.2015

Untuk menurunkan berat badan, ada beragam cara yang dapat dilakukan mulai dengan mengatur pola makan, gaya hidup, berolahraga teratur sampai dengan mencoba salah satu jenis olahraga sepeti TRX.

TRX atau total body resistance exercise suspension training merupakan olahraga yang mengandalkan bobot tubuh dan memakai tali lentur (anchor) sebagai sarananya. Olahraga ini awalnya diciptakan khusus untuk Angkatan Laut Amerika Serikat pada tahun 2000 oleh seorang mantan anggota US Navy Seal, Randy Hetrick.

Dibandingkan dengan diet, berlatih TRX justru lebih banyak membakar lemak dan kalori serta membuat berat badan turun drastis. Dalam satu jam saja, apabila dilakukan secara sungguh-sungguh, maka B’timers dapat membakar sekitar 500 kalori. Bahkan nilai tersebut lebih besar dibandingkan dengan berenang atau berlari dalam durasi waktu yang sama.

Olahraga ini tak mengandalkan alat-alat berat
Olahraga ini tak mengandalkan alat-alat berat

Tidak hanya sangat bermanfaat untuk menurunkan berat badan, TRX juga sangat menyehatkan sekaligus dapat membentuk tubuh. Sesuai dengan motonya “make your body your machine”, Anda dapat menggunakan bobot tubuh untuk membentuk otot, core, kardio dan melatih fleksibilitas serta keseimbangan badan. Apabila 5 unsur tersebut sering terlatih, maka pencapaian berat badan ideal dengan membuang lemak dan menjadikannya otot, bukanlah lagi mitos.

Karena tergolong olahraga berat, maka diperlukan bantuan seorang instruktur agar tidak terjadi kesalahan saat melakukannya. Bahkan menurut penelitian yang pernah dilakukan oleh American Council on Exercise menyebutkan bahwa TRX lebih dianjurkan daripada melakukan latihan beban pada umumnya.

Ada beragam teknik latihan dalam TRX, mulai dari TRX squat, TRX plank, sampai dengan body combat. Untuk jenis yang terakhir tersebut adalah teknik yang paling digemari wanita karena jika dilakukan selama 60 menit, maka dapat melatih kekencangan otot dan keseimbangan tubuh sekaligus membakar hingga 700 kalori.

Bagaimana, B’timers? Merasa tertantang untuk mencobanya?

Share This Article