Trik & Cara Mudah Belajar Renang secara Otodidak | Breaktime
Trik dan Cara Mudah Belajar Renang secara Otodidak
02.04.2016

Berapa kali dalam seminggu Anda bermain-main ke kolam renang, B’timers? Selain spa, kolam renang memang tempat yang paling asyik dikunjungi saat sedang ingin refreshing di akhir pekan dan saat berkumpul bersama teman atau keluarga. Kolam renang dapat menjadi rekreasi yang paling murah dan menyenangkan.

Sayangnya, tidak semua orang bisa berenang meski rajin ke kolam renang. Kalau Anda, apakah sudah piawai berenang, B’timers? Yuk, ikuti tips dan cara mudah belajar berenang berikut ini.

  • Memilih Tempat

Karena tidak ada pelatih, berlatihlah di tempat yang aman dan lega. Pilih kolam dengan air lebih dangkal dan berukuran lebih kecil agar bisa melihat apa yang ada di bawah permukaan air. Kalau bisa ajak teman atau keluarga yang dapat membantu anda jika terjadi sesuatu.

  • Teori Dasar Berenang

Kuasai dulu teori-teori dasar berenang. Anda bisa mendapatkannya dari buku maupun dari artikel-artikel di internet. Paling tidak hafalkan gaya berenang yang paling simpel yaitu gaya katak.

  • Gunakan Kacamata Renang

Gunakan kacamata renang. Anda akan lebih santai membuka mata saat belajar berenang tanpa kemasukan air di dalamnya. Pilihlah kacamata renang yang pas dengan ukuran wajah anda sehingga anda menjadi lebih nyaman.

Trik & Cara Mudah Belajar Renang secara Otodidak | Breaktime
Kacamata renang melindungi mata dari air
  • Pelajari Perlahan

Saat belajar gerakan yang kompleks, uraikan satu-satu agar lebih mudah. Misalnya, berlatih gerakan lengan terlebih dahulu sampai benar, kemudian baru belajar gerakan kaki. Saat keduanya sudah dikuasai dengan baik, gabungkan kedua gerakan tersebut. Jika sudah mulai lancar berlatih renang lah dengan rutin.

  • Gunakan Alat Bantu Renang

Jangan ragu menggunakan alat bantu renang untuk menopang tubuh Anda dalam air, meski Anda jadi terlihat konyol. Ini akan membantu Anda lebih mudah dalam menguasai gerakan dan meminimalisir cedera. 

Trik & Cara Mudah Belajar Renang secara Otodidak | Breaktime
Berguna untuk menopang tubuh
  • Pelajari Di Rumah

Anda juga bisa belajar di rumah untuk berlatih gerakan baru. Jangan ragu untuk berbaring di lantai dan mencoba teknik berenang tersebut. Meskipun pengalaman yang dirasakan berbeda dengan berada di dalam air tetapi itu adalah cara mudah belajar renang yang tak bisa Anda lakukan di kolam.

  • Gunakan Visualisasi

Gunakan visualisasi saat Anda berlatih gerakan di rumah, misalnya dengan video tutorial berenang. Dengan cara itu Anda akan mudah hafal dan tahu gerakan yang perlu dilakukan saat belajar berenang di kolam renang .

  • Berlatih dengan Kreatif

Pilih teknik berlatih yang kreatif. Memang, mencoba gerakan renang baru kadang-kadang terasa canggung. Tapi itulah sisi menyenangkan dari berenang, bukan?

  • Bersenang senang

Benar, jangan lupa untuk bersenang-senang meski Anda belajar renang sendirian. Jika sesuatu tidak seperti yang diharapkan tertawakan diri sendiri, kemudian coba lagi dan coba lagi.

Trik & Cara Mudah Belajar Renang secara Otodidak | Breaktime
Bersenang-senanglah saat belajar berenang
  • Pelajari Gaya Renang Lainnya

Belajarlah sebanyak mungkin tentang gaya renang. Seperti yang telah dijelaskan di tips ke-2, Anda bisa menggunakan bantuan buku atau artikel-artikel online. Video tutorial berenang tentunya juga akan sangat membantu. Jangan pernah menyerah dan selalu berlatih untuk melancarkan gaya berenang yang sudah dikuasai.

Bermain-main saja dengan air memang menyenangkan. Namun bisa berenang tentu lebih menakjubkan. Jadi, sudah siap menjalankan 10 tips dan cara mudah belajar renang di atas? (nap)

Share This Article