Tren Sport Shoes Kekinian, Brand Luar Vs Brand Lokal | Breaktime
Tren Sport Shoes Kekinian, Brand Luar Vs Brand Lokal
18.06.2015

Mungkin beberapa tahun lalu, mengenakan busana semi formal dan dipadu dengan memakai sepatu olahraga atau sport shoes adalah hal yang sangat terlihat aneh. Hal itu dikarenakan di tahun-tahun tersebut, mix n’ match belum se-booming seperti sekarang ini.

Tapi apabila B’timers amati dari tahun 2014 sampai dengan pertengahan 2015 ini, tampaknya apa yang dipandang dan dirasa aneh untuk dipadupadankan menjadi satu hal yang nge-tren dan kekinian sekali. Tidak sedikit dari kaum Hawa atau juga para pria yang mengenakan sport shoes dan dipadukan dengan pakaian kasual, semi-formal bahkan ada yang formal.

Tren sneakers di tahun 2015 ini menjadi semakin tinggi dikarenakan banyaknya sepatu-sepatu untuk olahraga dengan warna dan desain paling baru yang juga cocok digunakan sebagai pendukung fesyen dari brand-brand ternama dunia digelontorkan ke pasar Indonesia.

Produk-produk dari brand ternama dunia itu pun tidak sedikit yang made in Indonesia
Produk-produk dari brand ternama dunia itu pun tidak sedikit yang made in Indonesia

Mulai dari Nike, Adidas, Puma, Saucony, Onitsuka, New Balance, Converse, Vans, Machbeth sampai dengan Underarmor adalah brand-brand luar negeri yang banyak menjadi incaran para sneakers addict Indonesia. Bahkan, tidak sedikit komunitas sneakers yang bermunculan, seperti 3Foil untuk para pecinta produk dari Adidas, Griffon’s Army Indonesia untuk pecinta sepatu Macbeth, Converse Head Indonesia, Indonesia Sneaker Team, Vanshead Indonesia dan masih banyak lainnya.

Dari maraknya penggunaan sport shoes dari brand-brand luar tersebut, Indonesia ternyata juga punya beberapa perusahaan produsen sepatu-sepatu olahraga yang juga miliki bentuk, desain dan warna-warna menarik, seperti Specs, Tomkins, League sampai dengan Pierro.

Baca Juga: Tips Jitu Beli Running Shoes Untuk Wanita

Di saat tren sneakers semakin diikuti banyak orang, produk dari brand luar semakin naik akan tetapi produk dari brand dalam negeri justru sepi atau kurang peminat. Kenapa produk dari brand lokal kalah nge-tren dan tidak banyak dilirik dibandingkan dengan brand ternama luar negeri?

Memang sampai sekarang belum ada pakar atau ahli di bidang sneaker yang dapat memberikan jawaban pastinya, namun Breaktime memiliki jawaban yang diambil berdasarkan komentar-komentar para pengguna sneakers dan orang umum yang turut mengamati tren satu ini.

Salah satu yang menjadikan tren sport shoes melanda Indonesia adalah Brit’s Soccer Culture
Salah satu yang menjadikan tren sport shoes melanda Indonesia adalah Brit’s Soccer Culture

Secara garis besar, ada beberapa faktor yang melandasi kenapa banyak orang lebih suka memilih, membeli dan menggunakan sport shoes buatan luar negeri daripada produk dalam negeri. Faktor-faktor tersebut antara lain;

  • Brand minded

Perusahaan ternama produsen sepatu olahraga dari luar negeri memiliki pengalaman akan pembuatan suatu produk. Bahkan perusahaan-perusahaan tersebut menjadi terkenal karena sudah terbukti kualitasnya di pasaran.

  • Gengsi

Dengan memakai sepatu branded buatan perusahaan ternama dunia, maka sisi prestise akan naik dan semakin pe-de dalam melakukan aktivitas.

  • Inovasi

Memang hal ini tidak dapat dipungkiri bahwa dari tahun pembuatannya saja, perusahaan lokal masih terbilang muda apabila dibandingkan dengan perusahaan luar negeri. Oleh karenanya, dari sisi inovasi, banyak produk-produk sepatu olahraga yang kini beredar di pasaran masih mengadopsi desain sampai warna dari produk brand luar.

  • Pemasaran

Salah satu ujung tombak berhasil tidaknya sebuah produk sampai di masyarakat ditentukan dari sisi pemasarannya. Rata-rata, para perusahaan luar negeri melakukan riset sebelum dan sesudah memproduksi sebuah produk dan menganalisa tren pasar juga segmen mana yang akan mereka tuju, secara detil.

  • Endorse

Tidak sedikit dari brand-brand luar yang berani keluar duit berlebih untuk membuat iklan dengan meng-endorse orang terkenal agar mengenakan produk mereka. Namun sangat jarang hal ini dilakukan oleh perusahaan-perusahaan di Indonesia.

Selain 5 faktor tersebut, masih banyak lagi faktor lain seperti originalitas, kestabilan kualitas, QC (Quality Control), variasi produk sampai dengan regulasi pemasaran yang diterapkan di Indonesia. Nah, menurut B’timers sendiri, apakah brand lokal memang belum pantas bersanding dan bersaing dengan produk sport shoes dari brand ternama luar negeri?

Share This Article