Tips Tetap Sehat & Bugar Untuk Para Workaholic | Breaktime
Tips Tetap Sehat & Bugar Untuk Para Workaholic
28.09.2017

Di era sekarang ini, semakin banyak masyarakat urban yang workaholic. Apakah Anda termasuk salah satunya? Karena terlalu senang dengan pekerjaan yang sedang dilakoni, sampai-sampai kita lupa menjaga kesehatan tubuh dan pikiran. Bahkan setiap hari bisa saja berada di kantor hingga larut malam atau membawa pekerjaan sampai di rumah. Hal ini bukan sesuatu yang baik, lho. Anda harus bisa menyeimbangkan kesehatan tubuh dengan pekerjaan.

Memang tidak terasa, hanya saja sesekali Anda akan merasa tiba-tiba kaki kram, punggung sakit, mata lelah, atau bahkan jatuh sakit. Jika Anda salah satu pekerja keras, coba lakukan beberapa hal ini yang dijamin bisa buat tubuh tetap fit seharian di kantor.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Wajib Tahu! Tips Mudah Menjaga Kesehatan Jantung

Saat sedang bekerja, cobalah untuk memanfaatkan peregangan tubuh. Jika Anda terlalu lama duduk di kantor maka sempatkanlah untuk merentangkan kedua tangan di belakang kepala dan tahan beberapa detik. Kemudian rentangkan kedua kaki ke depan. Rasakan darah mengalir ke kepala dan seluruh tubuh. Anda juga bisa melakukan gerakan-gerakan yoga sederhana setelah sampai di rumah.

Usahakan selama di kantor, duduk dengan seimbang. Jangan biarkan tubuh menyender atau bergerak seenaknya. Duduklah dengan posisi tubuh tegap menghadap layar komputer agar tulang punggung Anda tidak bongkok.

Anda pasti juga pernah mendengar bahwa posisi menentukan prestasi. Itulah mengapa Anda juga harus memiliki bangku yang nyaman di kantor. Tetapi, biasanya tempat duduk sudah diatur oleh atasan, Anda bisa mengubah sendiri tempat duduk Anda. Tak perlu memindahkan semua posisinya. Anda bisa mengatur layar monitor dan menghias meja.

Pastikan ketinggian layar monitor pas dengan mata agar tidak menyiksa otot leher. Jangan lupa untuk mengatur cahaya monitor agar tidak mudah lelah terlalu lama menghadap komputer. Setelah itu, barulah menghias meja dengan sesuatu yang bisa menyegarkan pikiran. Saat pikiran mulai penat, Anda bisa bermain-main atau memandangi hiasan meja Anda.

Tips Tetap Sehat & Bugar Untuk Para Workaholic | Breaktime
Tips tetap bugar bagi workaholic

BACAJUGA:

Kalau bisa setiap 1 – 2 jam sekali, arahkan pandangan pada objek yang jauh. Ini sangat berguna untuk mengembalikan fleksibilitas otot dan lensa mata setelah menghadap komputer cukup lama. Misalnya Anda bisa melihat keluar jendela kantor atau keluar sebentar melihat lingkungan kantor.

Bahkan latihan kardio di kantor juga bisa Anda lakukan. Jika ruangan Anda atau akan pergi ke lantai atas ataupun bawah, cobalah untuk berhenti naik lift. Anda bisa menggunakan tangga untuk melatih sistem kardiovaskuler pada tubuh.

Setelah beberapa cara sederhana sudah dilakukan, Anda juga harus memperhatikan apa yang dikonsumsi. Perbanyak minum air putih agar tubuh selalu terhidrasi dengan baik. Makanan Anda juga harus diperhatikan. Mulai dari menu sarapan sampai dengan menu makan malam. Perbanyak konsumsi buah dan sayur seperti yang sudah banyak dianjurkan.

Satu lagi fakta yang menarik bahwa menonton tayangan olahraga bisa membuat tubuh lebih bugar. Hanya dengan menonton, apakah benar? Mungkin sebagai seorang karyawan, Anda sangat jarang menonton televisi. Hal tersebut bisa dilakukan saat malam atau akhir pekan. Tetapi, untuk tayangan olahraga, biasanya disiarkan saat malam, kan? Nah, ini bisa jadi hiburan sekaligus membuat tubuh lebih bugar tanpa harus bersusah payah melakukan olahraga. Hal ini didapatkan oleh peneliti di University of Western Sydney setelah mereka mengamati detak jantung dan nafas orang yang sedang melihat video olahraga. Peneliti menemukan bahwa detak jantung dan nafas mereka meningkat.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Olagraga Menurunkan Berat Badan Singkat

Saraf otot tubuh pun juga lebih aktif seolah sedang berolahraga. Aktivitas sistem saraf simpatik memang meningkat ketika seseorang sedang berolahraga. Ternyata efek tersebut juga terjadi pada orang yang hanya menonton. Meski begitu, efeknya tak sebesar dengan ketika Anda melakukan olahraga secara langsung. Mungkin bisa dicoba saat di sela-sela pekerjaan sedang longgar.

Anda bisa melakukan beberapa hal tersebut untuk menjaga tubuh tetap sehat dan bugar meski sibuk bekerja. Jangan lupa juga untuk melakukan perlindungan lebih dengan cara ini demi pekerjaan tetap lancar dan kehidupan semakin baik. 



artikel kompilasi
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE