Tips Sehat dan Bugar Saat Mudik Meski Puasa | Breaktime
Tips Sehat dan Bugar Saat Mudik Meski Puasa
23.06.2017

Mudik telah menjadi kebiasaan masyarakat Indonesia yang telah merantau jauh untuk pulang ke kampung halaman. Biasanya arus mudik terjadi pada H-3 Hari Raya Idul Fitri hingga H+5. Banyak masyarakat yang memilih untuk mudik menggunakan transportasi umum dengan alasan menghindari macet.

Namun sebagian orang juga memilih untuk menggunakan kendaraan pribadi dengan alasan tidak ribet dan dapat berhenti kapan pun dan di mana pun sesuai keinginan. Apapun pilihan kendaraan untuk mudik, yang terpenting adalah menjaga kesehatan ketika di perjalanan. Apalagi dengan kondisi sedang berpuasa.

Tubuh yang sedang berpuasa memiliki kondisi dan berbeda dan membutuhkan trik yang berbeda pula untuk tetap fit. Dikarenakan tubuh yang berpuasa hanya makan dan minum pada saat sahur dan berbuka, nutrisi yang harus disiapkan pun harus spesial. Berikut adalah tips – tips agar tetap sehat dan bugar saat mudik meski sedang puasa.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Mudik Seru Tanpa Lelah, Ini Triknya!

Sahur dengan menu tambahan oatmeal. Oatmeal merupakan makanan yang kaya akan serat. Memperbanyak asupan makanan yang mengandung serat pada saat sahur adalah salah satu cara mencegah cepat datangnya rasa lapar. Karena oat mengadung karbohidrat kompleks serta serat yang tinggi sehingga apabila dikonsumsi dapat membantu kita memiliki rasa kenyang yang lebih lama.

Hal tersebut disebabkan karbohidrat kompleks yang terdapat di dalam oat diserap dan dilepaskan menjadi energi secara perlahan lahan di dalam tubuh. Oatmeal yang biasa dijumpai di pasaran adalah Quaker Oatmeal.

Tips Sehat dan Bugar Saat Mudik Meski Puasa | Breaktime
Istirahat cukup juga menjaga tubuh supaya tetap fit

Untuk tetap bertenaga sehari penuh, tidak cepat lemas, lapar dan mengantuk, hindari mengonsumsi banyak makanan jenis karbohidrat sederhana seperti gula murni dan tepung-tepungan saat sahur tanpa mengonsumsi makanan lengkap. Ini karena karbohidrat sederhana akan diolah dan dilepas dengan cepat oleh tubuh menjadi energi sehingga kita justru cepat merasa lapar.

Konsumsi suplemen yang mengandung vitamin B kompleks agar metabolisme Anda semakin baik dan tidak cepat lelah. Terutama bagi anda yang mengidap penyakit kurang darah atau hipotensi. Khususnya, vitamin B6 (pyridoxine). Vitamin ini membantu membentuk hemoglobin yang mengedarkan oksigen dalam darah ke seluruh tubuh.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Tips Ampuh Atasi Pegal Saat Perjalanan Mudik

Selain itu, vitamin B6 juga berperan dalam mengubah protein dan karbohidrat dari makanan agar menjadi energi. Sistem saraf, kardiovaskular, pencernaan, otot, dan beberapa bagian dari sistem imun pun terjaga dengan adanya vitamin ini di tubuh Anda. Vitamin B6 bisa ditemui pada telur, sayur-sayuran, kacang, susu, kentang, ikan, daging ayam, kacang panjang atau pisang.

Jika anda memilih untuk mengendarai kendaraan pribadi, usahakan anda mendapat tidur yang cukup sebelum berangkat. Tidur yang cukup untuk orang dewasa adalah 8 jam. Jika anda tidur kurang dari 8 jam, dapat menurunkan tingkat fokus. Mengantuk karena kurang tidur sering menjadi salah satu masalah penyebab kecelakaan lalu lintas. 

Tips Sehat dan Bugar Saat Mudik Meski Puasa | Breaktime
Oatmeal kaya karbohidrat untuk sumber energi
Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Mana yang Lebih Baik, Memegang Kemudi dengan Kuat atau Rileks?

Masalah ini sering kita jumpai seperti pada kendaraan umum atau kendaraan pribadi. Mengantuk saat menyetir biasanya memberikan efek halusinasi, terbang dan perasaan was-was yang sangat rendah. Dampaknya bisa sangat besar karena membahayakan nyawa diri sendiri dan orang lain sesama pengguna jalan. Jadi pastikan Anda tidur cukup sebelum menyetir jarak jauh maupun jarak dekat.

Hindari paparan sinar matahari. Hal ini untuk menyelamatkan tubuh anda dari dehidrasi. Tubuh orang yang berpuasa memiliki jumlah cairan tubuh yang terbatas, maka agar tetap fit harus menjaga kandungan cairan yang ada di dalam tubuh agar tidak menguap. Terpapar langsung pada sinar matahari juga dapat menimbulkan efek using dan sakit kepala bagi mereka yang sensitif.

Tips – tips di atas bisa anda lakukan ketika mudik untuk pulang ke kampung halaman. Mudik aman dan nyaman dimulai dengan kondisi tubuh yang fit dan prima. Ingat, jangan memaksakan diri jika dirasa membutuhkan istirahat. Tubuh manusia memiliki batas dan cenderung berbeda bagi setiap orang. Sebaiknya anda memahami tubuh anda dengan baik agar terhindar dari segala macam hambatan kesehatan ketika mudik.



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE