Cara Mudah Menghitung Asupan Kalori Setiap Hari | Breaktime
Tips Mudah Hitung Total Asupan Kalori Per Hari
12.08.2015

Cara Menghitung Kalori - Setiap manusia pastinya membutuhkan asupan kalori untuk dapat tetap hidup dan beraktivitas normal sehari-hari. Tapi, berapa kalori yang wajib dikonsumsi setiap harinya?

Kalori

Banyak produsen makanan yang lebih menggunakan kata kalori daripada kilojoule
Banyak produsen makanan yang lebih menggunakan kata kalori daripada kilojoule

Dalam artian luas, kalori adalah satuan panas untuk menaikkan suhu temperatur air per 1 derajat Celcius dan satuannya disebut dengan joule. Dalam konteks yang berhubungan dengan makanan dan gizi, satuannya adalah kilojoule walaupun pada kenyataannya sangat jarang digunakan dan lebih sering memakai istilah kalori saja.

Kalori per hari

Setiap orang, baik itu tua, muda, besar, kecil, wanita atau juga pria, memiliki besaran konsumsi kalori yang berbeda-beda. Dan perbedaan tersebut juga ditentukan oleh usia, berat dan tinggi badan serta aktivitas yang dilakukan. Apabila diambil secara rata-rata, berikut pembagian konsumsi kalori setiap orang:

  • Anak-anak di bawah masa puber membutuhkan setidaknya 1.600 sampai 2.500 kalori per hari.
  • Remaja sampai dewasa yang sudah melewati masa puber membutuhkan asupan kalori sebesar 2.500 hingga 3.000 per hari.

Baca juga: WASPADA, KOLESTEROL TINGGI TINGKATKAN SERANGAN JANTUNG 

Cara menghitung kalori per hari

Penghitungan total asupan kalori per hari juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh
Penghitungan total asupan kalori per hari juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh

Tidak sedikit orang yang belum mengerti bagaimana cara menentukan dan menghitung kalori yang harus didapatkan setiap harinya. Akan tetapi ada cara mudah untuk menghitungnya, yaitu:

  • B’timers harus mengetahui berat badan ideal (BB Ideal) yang dapat diketahui dari perhitungan, 0,9 x (tinggi badan (TB) -100), contohnya, jika seseorang berusia 45 tahun dengan tinggi badan 165, maka BB Idealnya adalah 0,9 x (165-100)=58,5 kg.
  • Setelah mengetahui BB Ideal, hitung pula kebutuhan basal (KB), yaitu dengan rumus BB Ideal x 25 Kkal untuk perempuan dan BB Ideal x 30 Kkal untuk pria.
  • B’timers juga membutuhkan hasil dari perhitungan aktivitas fisik (AF). Aktivitas fisik ini dibagi menjadi beberapa macam, seperti aktivitas ringan (10-20%), aktivitas sedang (20-30%) dan aktivitas berat (40-50%). Dan untuk mengetahui hasil akhir AF, maka digunakan rumus AF (ringan/sedang/berat) x KB.
  • Usia juga mempengaruhi jumlah kalori yang dibutuhkan seseorang setiap harinya. Untuk menghitungnya, maka digunakan rumus, koreksi usia atau KU (usia 0-39 tahun, KU-nya sebesar 0%, 40-59 tahun, KU-nya sebesar 5%, usia 60-69 tahun, KU-nya sebesar 10% dan di atas usia 70 tahun, KU-nya sebesar 20%) x KB.
  • Setelah semuanya diketahui, maka B’timers dapat mengetahui berapa Total Kalori (TK) yang dibutuhkan setiap hari, yaitu dengan menggunakan rumus, KB + AF – KU.

Bagaimana B’timers, mudah bukan untuk menghitung asupan kalori yang harus didapatkan tubuh setiap harinya? Kalau sudah mengetahui jumlah yang tepat, pastikan Anda tak mengonsumsi kalori secara berlebihan, ya.

Share This Article