Tips Menurunkan Berat Badan Saat Masa Kehamilan! | Breaktime
Tips Menurunkan Berat Badan Saat Masa Kehamilan!
02.06.2017

Merasa tak percaya diri karena berat badan yang meningkat secara drastis selama memasuki masa-masa kehamilan, B’timers? Well, bertambahnya berat badan bagi wanita hamil adalah sesuatu yang sangat tak bisa dihindari. Berbeda dengan wanita yang tak hamil, saat ibu mengandung, mereka membutuhkan 300 kalori ekstra dalam sehari, lho.

Dan memang akan menjadi perjuangan yang penuh dengan tantangan untuk wanita yang tengah hamil untuk mencoba menurunkan berat badan mereka, B’timers. Dikatakan dalam salah satu penelitian, jika wanita hamil memiliki berat badan yang lebih tinggi dari angka tertentu, hal tersebut bisa meningkatkan risiko komplikasi kelahiran, seperti persalinan c-section dan kelahiran prematur.

Lakukan konsultasi dengan dokter kandungan Anda terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk jalani diet dan mempraktekkan tips menurunkan berat badan untuk wanita hamil, B’timers. Namun di bawah ini adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan:

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Bukan Diet, Ini Rahasia Menurunkan Berat Badan!

Sebaiknya mulailah kehamilan Anda dengan berat badan yang sehat jika memungkinkan. Anda dapat mengonsumsi vitamin prenatal untuk mendapatkan berat badan yang sehat sebelum memasuki masa kehamilan, B’timers. Jaga berat badan Anda tetap seimbang dengan mengetahui indeks masa tubuh.

Tips Menurunkan Berat Badan Saat Masa Kehamilan! | Breaktime
Pilih camilan yang sehat untuk Anda dan calon bayi

Usahakan untuk mengonsumsi makanan dalam jumlah yang cukup dan dalam intensitas yang sering, ya, B’timers? Anda tak perlu terlalu banyak kalori per hari untuk kebutuhan bayi Anda yang sedang tumbuh, kok. Fokuslah pada makanan ringan yang mengandung nutrisi penting bagi kesehatan Anda.

Penting juga untuk menjaga tubuh Anda tetap terhidrasi, B’timers. Minum cukup air memiliki efek lain yang bisa membantu Anda merasa kenyang dan tak terlalu banyak mengonsumsi camilan dan makanan ringan lainnya. Disarankan untuk wanita hamil minum setidaknya 10 gelas air mineral setiap harinya.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Intip Diet Sehat Menurunkan Berat Badan Ini, yuk

Tips menurunkan berat badan atau setidaknya menjaga berat badans eimbang selama masa kehamilan selanjutnya adalah dengan menghindari makanan-makanan tinggi lemak, gula dan karbohidrat, B’timers. Kuncinya adalah penuhi kebutuhan protein dan lemak sehat yang Anda dan bayi butuhkan.

Tips Menurunkan Berat Badan Saat Masa Kehamilan! | Breaktime
Makanan manis tak dilarang selama tak berlebihan

Karbohidrat bisa menjadi teman terbaik bagi wanita hamil, lho, B’timers. Terutama untuk wanita yang sering mengalami morning sickness. Namun daripada roti putih, nasi dan pasta, sebaiknya konsumsilah nasi merah, quinoa, roti gandum utuh maupun pasta yang terbuat dari gandum yang jauh lebih sehat.

Hal yang peling berharga yang wajib dilakukan oleh setiap ibu hamil adalah berjalan. Meskipun terasa sangat berat untuk mengangkat tubuh Anda dengan beban tambahan di perut Anda, sebaiknya Anda luangkan waktu setidaknya 10 menit untuk berjalan dan menjaga tubuh tetap aktif bergerak.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Ingin Langsing, Ini Cara Menurunkan Berat Badan!

Jika sebelum memasuki masa kehamilan Anda adalah wanita yang aktif bergerak dengan aneka jenis olahraga, jangan jadikan kehamilan Anda sebagai alasan untuk berhenti dari aktivitas tersebut. Karena menurut penelitian, dengan tetap aktif dapat membantu menjaga berat badan tetap seimbang, lho.

Tips Menurunkan Berat Badan Saat Masa Kehamilan! | Breaktime
Jaga tubuh tetap aktif bergerak selama kehamilan

Wanita hamil tak dilarang untuk menikmati seporsi es krim yang tinggi kandungan lemak, kok. Namun sebaiknya gunakan mangkuk kecil agar terhindar dari keinginan mengambil dua kali lipat dari porsi di depan Anda, B’timers. Hindari menikmatinya setiap hari. Well, seminggu sekali tidak masalah.

Anda bisa berkonsultasi dengan dokter kandungan terkait berapa berat badan yang normal bagi wanita hamil, B’timers. Jangan sampai berat badan Anda yang terlalu rendah menyebabkan risiko kesehatan si calon bayi di perut Anda terganggu. Karena setiap wanita memiliki hitungan yang berbeda, B’timers.

Nah, berikutnya adalah tips menurunkan berat badan setelah Anda melahirkan. Disarankan bagi Anda untuk memberikan ASI secara eksklusif pada bayi Anda setelah persalinan. Ini akan membantu wanita menjaga berat badannya tetap seimbang. (NO)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE