Tips Mengatur Porsi Strength Training Wanita | Breaktime
Tips Mengatur Porsi Strength Training bagi Wanita
09.10.2017

Mempertahankan kebugaran tubuh kini bukan lagi privilege bagi kaum adam. Ladies juga boleh kok melakukan latihan fisik demi meningkatkan stamina dan kekuatan fisik tubuh Anda. Dalam hal ini, strength training bukan sekedar jargon dalam dunia fitness. Strength training sebaiknya menjadi pengingat bagi B’timers untuk tidak penah sekalipun meremehkan kekuatan diri Anda, mental maupun fisik. Artinya? Meski memiliki porsi latihan fisik yang berbeda, wanita juga tetap perlu melakukan strength training demi fisik yang senantiasa prima.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Strength and Conditioning Research menunjukkan bahwa wanita yang melakukan latihan fisik di gym cenderung memilih alat angkat beban dengan bobot yang 27% lebih rendah daripada rekan pria. Hal tersebut tentu sejalan dengan anggapan bahwa wanita secara umum merasa memiliki kekuatan yang jauh di bawah pria. Beberapa hal mengenai latihan fisik bagi wanita berikut ini perlu Anda ketahui untuk meruntuhkan segala stereotype yang salah kaprah selama ini. Pelajari dan lakukan berbagai tips berikut ini tanpa menunggu lama lagi untuk meningkatkan stamina dan mempertahankan bentuk tubuh ideal.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Seksi ala Kim Kardashian via Lower Body Workout

Bagi wanita pemula dalam dunia gym training, Anda sebaiknya mengikuti beberapa angka standar tertentu dalam mengatur jadwal latihan fisik. B’timers bisa memulai dengan meluangkan 3 hari dalam sepekan secara khusus untuk melakukan latihan fisik. Lakukan 30 hingga 45 sesi gym training setiap kalinya. Terkait dengan intensitas, sebisa mungkin Anda bisa melakukan 7 hingga 8 rep setiap kali melakukan latihan fisik.

Tips Mengatur Porsi Strength Training Wanita | Breaktime
Meski terlihat lemah, tubuh Anda diam-diam menyimpan potensi kekuatan fisik lho, Ladies!

Dalam melakukan strength training, wanita juga perlu mengetahui bagian tubuh yang mana sajakah yang harus dilatih. Istilah di dunia gym training seperti leg day maupun arm day sebenarnya bukanlah teknik yang tepat dalam melakukan latihan fisik karena hanya memfokuskan pada bagian tubuh tertentu saja. Sebaiknya, akan jauh lebih efisien untuk memfokuskan pada total-body workout dalam setiap sesi latihan fisik Anda.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Hindari Makanan yang Buat Tubuh Cepat Lelah Ini

Prosentase yang mendekati sempurna ialah 70% sesi yang fokus pada lower body dengan berbagai kombinasi gerakan tubuh bagian atas dan bawah serta mengaktifkan lebih banyak otot tubuh demi meningkatkan kinerja metabolisme. 30% sisanya merupakan upper-body workout karena otot tubuh yang lebih kecil di upper body dan lebih cepat merespon latihan fisik Anda dan membutuhkan perhatian yang tidak terlalu besar.

Dari berbagai jenis latihan fisik yang tersedia bagi setiap anggota tubuh, B’timers perlu melakukan setidaknya satu kali bagi setiap jenisnya. Sebut saja aneka jenis latihan fisik seperti squat, lunge, push, pull, dan hinge, maupun berbagai kombinasi dari keseluruhan gerakan latihan fisik tersebut. Setiap kali sesi latihan fisik sebenarnya memiliki porsi latihan yang berbeda dan tidak perlu dibuat sama persis. Pada hari pertama, misalnya, Anda bisa memulai dengan 35 menit exercising dengan 6 jenis gerakan dan 3 set masing-masing. Selanjutnya, tingkatkan menjadi 45 menit dengan 4 jenis gerakan dan 6 set masing-masing pada hari kedua. Hari ketiga, ubah durasi latihan fisik Anda menjadi 30 menit dengan 10 jenis gerakan dan 2 set masing-masing, serta demikian pula seterusnya setiap harinya.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Berani Coba 5 Olahraga Outdoor Bikin Deg-Degan?

Sekali lagi, B’timers mungkin merasa ragu untuk meningkatkan kapasitas latihan fisik seperti menambah bobot alat angkat beban yang Anda gunakan saai di gym training. Sejatinya, angkat beban yang Anda lakukan sehari-hari sudah cukup menggambarkan kekuatan fisik Anda. B’timers hanya perlu untuk memusatkan dan memfokuskan kekuatan fisik tersebut pada saat melakukan latihan fisik. Sebagai contoh, beban koper yang Anda bawa saat bepergian bisa mencapai 9 kilogram atau lebih, binatang peliharaan yang sering Anda gendong rupanya menyimpan bobot hingga 12 kilogram, demikian juga dengan bayi dan balita yang mencapai 10 hingga 20 kilogram.

Masih meremehkan kekuatan fisik tubuh Anda sendiri, Ladies? Jangan ragu untuk meningkatkan porsi gym training Anda mulai sekarang ya! (dee)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE