Tips Diet Tapi Seperti Bukan Diet, Bagaimana Ya? | Breaktime
Tips Diet Tapi Seperti Bukan Diet, Lalu Bagaimana?
05.04.2016

Kegiatan diet kadang memang menyiksa. Apalagi bagi B’timers yang baru saja menjalani sederet program diet, rasanya bagaikan dunia begitu kejam pada Anda. Padahal ada, lho, cara berdiet tapi B’timers tidak akan merasakan siksaan diet. Wow, seperti apa ya?

Berganti wadah makan

Seringkali B’timers lebih fokus pada berapa porsi makanan Anda dibandingkan dengan apa yang Anda makan. Makan di piring yang lebih kecil mampu memberikan persepsi pada otak bahwa Anda makan lebih banyak dan akan kenyang. Sehingga Anda akan mudah puas dengan apa yang Anda konsumsi setiap hari dengan wadah lebih kecil.

Tips Diet Tapi Seperti Bukan Diet, Bagaimana Ya? | Breaktime
Wadah lebih kecil bikin otak berasumsi Anda sudah kenyang dengan porsi mini

Berganti warna di ruang makan

Tanpa Anda sadari ternyata warna juga memengaruhi berapa banyak porsi makanan yang B’timers konsumsi. Warna merah dan kuning ternyata memiliki kemampuan untuk meningkatkan nafsu makan sekaligus kecepatan makan hingga 2 kali lebih cepat dari yang biasanya. Untuk itu, B’timers harus menghindarkan warna tersebut dan menggantinya dengan warna biru untuk acara makan yang santai dan nyaman.

Makan bersama teman

Acara makan, apalagi bersama teman-teman, tentu sangatlah menyenangkan. Pilih teman makan yang memiliki masa tubuh ataupun pola diet yang sama dengan Anda. dengan begitu, B’timers akan seringkali diingatkan untuk menjalani pola hidup sehat bersama-sama. Bukankah melakukan diet bersama teman lebih menyenangkan daripada dilakukan sendirian?

Tips Diet Tapi Seperti Bukan Diet, Bagaimana Ya? | Breaktime
Asyiknya memasak makanan sehat bersama sahabat untuk diet

Makan dalam remang

Penelitian dari Cornell University menunjukkan bahwa memakan pada ruangan yang remang ternyata mampu memperlambat kecepatan makan Anda dibandingkan saat berada pada ruangan terang. Selain itu, penelitian juga menunjukkan bahwa mengonsumsi makanan dalam kondisi ruangan tenang atau ditemani musik jazz dapat mengurangi porsi makanan yang dikonsumsi sekitar 6 hingga 14 persen dari porsi biasanya.

Jadwalkan waktu tidur

Sebuah studi dalam Canadian Medical Association Journal menemukan bahwa kekurangan tidur justru meningkatkan nafsu makan B’timers. Selain itu, Anda akan lebih ingin makan ataupun minum yang mengandung karbohidrat berlebih selama kurang tidur tersebut. Anda juga akan kehilangan motivasi untuk berolahraga dan mengikuti pola makan sehat jika tidur B’timers kurang dari 7-9 jam sehari.

Tips Diet Tapi Seperti Bukan Diet, Bagaimana Ya? | Breaktime
Tidur 7-9 jam sehari justru menekan nafsu makan lebih baik, lho!

Wah, ternyata menyenangkan juga, ya, cara diet tersebut! Hanya dengan merubah sedikit saja kebiasaan B’timers dalam kehidupan sehari-hari, Anda akan merasakan perubahan luar biasa pada tubuh. Tubuh sehat dan bugar sudah bukan impian lagi untuk Anda asalkan penuh komitmen dan kesadaran diri. Selamat mencoba! (ft)

Share This Article