Tips dan Trik Diet Sehat untuk Golongan Darah A | Breaktime
Tips dan Trik Diet Sehat untuk Golongan Darah A
14.04.2017

Ada banyak jenis diet sehat yang bisa B’timers terapkan, termasuk diet berdasarkan golongan darah. Kebetulan jika Anda memiliki golongan darah A, karena kali ini Breaktime akan mengulas tentang diet golongan darah A. Namun, sebelumnya mari kita pelajari lebih dulu, sedikit banyak tentang karakteristik orang bergolongan darah A.Apa yang membuat golongan darah A unik?

Terdapat faktor-faktor neurokimia di dalam darah A yang mendukung jalannya kehidupan mereka. Orang bergolongan darah A senang menjalani hidup yang harmonis, dengan dikelilingi orang-orang yang positif dan juga suportif. Namun, karena ritme kehidupan yang berjalan cepat dan terburu-buru, akhirnya golongan darah A kadang merasa terisolasi, sehingga sulit memenuhi kebutuhan tersebut.

Baca juga : INGIN TURUNKAN BERAT BADAN? MINUM JUS UNTUK DIET

Namun, golongan darah A biasanya memiliki interkoneksi yang kuat antara pikiran dan tubuh. Ini penting untuk pembentukan dan perkembangan sel-sel. Namun, sudah menjadi hal yang umum bahwa orang dengan golongan darah A lebih rentan terhadap stres, dan hal tersebut sudah merupakan turun-temurun. Sehingga, menjadi tantangan tersendiri bagi mereka dalam menghadapi stres.

Tips dan Trik Diet Sehat untuk Golongan Darah A | Breaktime
Yoga untuk ketenangan dalam diet golongan darah A

Ini sebabnya untuk diet golongan darah A sangat disarankan melakukan aktivitas yang dapat menenangkan pikiran dan membuat rileks, seperti yoga atau juga tai chi. Selain dapat menjadi mood booster, ini sekaligus membantu dalam mengurangi risiko penyakit kardiovaskular, serta berbagai macam kondisi lainnya yang biasa disebabkan oleh stres, pada orang yang memiliki golongan darah A.

Lalu, kita memasuki sesi diet, namun diet di sini bukan selalu berarti menurunkan berat badan. Dengan pendekatan yang lebih tradisional, diet lebih berarti tata cara untuk makan. Orang bergolongan darah A cenderung vegetarian atau lebih menyukai sayur. Sedangkan, diet golongan darah A menganjurkan konsumsi makanan berkarbohidrat, seperti nasi, biji-bijian, sayuran dan buah-buahan.

Baca juga : TRIK LANGSING DENGAN DIET GOLONGAN DARAH O

Namun, biasanya orang bergolongan darah A kurang bisa mencerna susu dan produk olahannya dengan  baik. Sehingga, akan lebih baik jika mengonsumsi yogurt. Selain itu, seperti disebutkan tadi, daging juga sulit untuk dicerna golongan darah A. Sebagai penggantinya, makanan yang dianjurkan adalah kacanga-kacangan dan ikan untuk memenuhi kebutuhan asupan protein.

Berdasarkan diet golongan darah dalam kebiasaan orang Jepang, ada juga makanan tradisional Jepang yang sangat baik untuk dikonsumsi orang bergolongan darah A. Makanan seperti sup miso, natto, tofuatau tahu, adalah santapan yang cocok untuk mereka yang memiliki golongan darah A. Kemudian, seperti yang disebutkan tadi, diet memang bukan selalu untuk menurunkan berat badan.

Tips dan Trik Diet Sehat untuk Golongan Darah A | Breaktime
Diet golongan darah A maksimal dengan minum smoothie

Tetapi, apabila Anda yang bergolongan darah A ingin mengurangi berat badan, ada makanan yang perlu dihindari dan juga dikonsumsi. Sebaiknya Anda menghindari daging, susu, kacang merah, kacang lima, gandum dan jagung. Lalu, makanan yang baik untuk dikonsumsi adalah minyak zaitun, kedelai, seafood, sayuran dan buah nanas. Selain berat badan, Anda pun perlu mengurangi stres yang mudah dialami.

Baca juga : INGIN DIET TANPA HARUS KELAPARAN? INTIP TIPSNYA!

Ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan kadar kortisol dan membuat Anda mengalami kelelahan mental. Jadi, sebaiknya Anda menghindari hal-hal seperti kerumunan orang, suara yang bising dan berisik, emosi negatif, merokok dan asap rokok, bau yang kuat atau tajam, terlalu banyak konsumsi gula dan pati, bekerja terlalu keras, film dan acara TV tentang kekerasan, kurang tidur, serta hati-hati ketika cuaca ekstrem seperti dingin atau panas.

Menjaga kesehatan tubuh memang penting. Karena ada banyak cara melakukannya, salah satunya Anda bisa melakukan diet berdasarkan golongan darah, seperti yang diuraikan tadi. Nah, B’timers sudah siap mengikuti diet golongan darah A? (md)



artikel kompilasi
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE