Tingkatkan Kapasitas Paru-paru dengan Pose Yoga! | Breaktime
Tingkatkan Kapasitas Paru-paru dengan Pose Yoga!
31.03.2017

Benarkah latihan yoga yang dilakukan secara rutin dapat membantu meningkatkan kapasitas paru-paru, B’timers? Menurut penelitian yang dilakukan pada beberapa orang yang mengikuti kelas yoga dan yang tidak, ditemukan peserta latihan yoga menunjukkan memiliki peningkatan dari volume paru-paru serta meningkatkan kekuatan pernapasan.

Dari penelitian tersebut, tercatat bahwa peningkatan sebesar 38 % terjadi pada dada bagian atas, 19 % pada dada bagian tengah dan 15 % pada dada bagian bawah. Nah, dengan hasil yang terbilang positif ini, para peneliti menarik kesimpulan bahwa, latihan yoga secara teratur bisa meningkatkan kapasitas pada paru-paru dan juga meningkatkan kekuatan otot paru-paru.

Nah, di bawah ini adalah beberapa gerakan dan pose yoga yang bisa membantu meningkatkan kapasitas paru-paru Anda, B’timers.

Baca juga: INGIN MENCOBA ACROYOGA? PERHATIKAN DULU HAL INI!

Pose yoga yang pertama terbukti dapat membantu meningkatkan kapasitas paru-paru adalah easy pose, B’timers. Eits, tapi jangan Anda tergoda dengan namanya, lho! Karena meski namanya adalah pose yang mudah, pada kenyataannya praktek tidak sesederhana kelihatannya.

Tingkatkan Kapasitas Paru-paru dengan Pose Yoga! | Breaktime
Meski namanya easy, namun pose ini cukup sulit

Lipat selimut tebal untuk dijadikan sebagai alas setinggi kurang lebih 6 inchi. Duduk di salah satu sisi dari alas tersebut. Regangkan kedua kaki Anda menjulur kea rah depan. Perlahan tarik salah satu kaki dekati tubuh. Lipat lutut saling berlawanan di depan tubuh. Usahakan untuk merasakan kenyamanan pada kaki Anda. Dalam pose ini, harus ada kenyamanan antara kaki dan panggul.

Untuk tips di dalam melakukan pose yoga satu ini, disarankan untuk duduk dengan panggul dalam posisi yang nyaman, B’timers. Nah, untuk menemukan posisi netral, tekan tangan Anda pada permukaan lantai dan angkat tulang duduk Anda. Selain itu, cobalah untuk menyeimbangkan antara tulang kemaluan dan tulang ekor, jadi keduanya berada pada posisi yang sama dari lantai.

Baca juga: GAYA YOGA UNTUK PEKERJA KANTOR YANG SERING DUDUK

Selanjutnya ada bridge pose. Pose yoga satu ini juga terbukti dapat membantu meningkatkan kapasitas paru-paru Anda, lho, B’timers. Berbaringlah dengan posisi terlentang di lantai. Anda bisa menggunakan selimut tebal yang diletakkan di bawah bahu untuk melindungi leher Anda. Tekuklah lutut Anda, setelah itu atur kedua kaki Anda dengan posisi tumit sedekat mungkin dengan tulang duduk Anda.

Tingkatkan Kapasitas Paru-paru dengan Pose Yoga! | Breaktime
Posisi jembatan untuk bantu tingkatkan kapasitas paru

Buang napas Anda dan perlahan tekankan kedua kaki Anda dan tangan ke lantai. Doronglah tulang ekor Anda ke atas menjauhi lantai. Hindari terjadinya otot yang kaku pada bagian pantat. Angkat pantat Anda dari lantai. Jagalah agar paha dan kaki bagian dalam tetap pada posisi sejajar, B’timers. Posisikanlah dua tangan Anda di bagian bawah tubuh untuk menjaga tubuh tetap pada posisidi puncak.

Baca juga: KISAH DI BALIK SEJARAH YOGA YANG FENOMENAL

Posisi yoga lainnya yang juga terbukti bisa membantu meningkatkan kapasitas dari paru-paru Anda yaitu cobra pose, B’timers. Berbaring dengan posisi tengkurap di lantai. Rentangkan kedua kaki Anda ke arah belakang dan ujung jempol kaki menghadap lantai. Tekan bagian atas kaki, paha serta tulang kemaluan Anda menempel pada permukaan lantai.

Tingkatkan Kapasitas Paru-paru dengan Pose Yoga! | Breaktime
Latih kapasitas paru-paru Anda dengan posisi ular kobra

Lalu dengan gerakan perlahan, luruskan kedua lengan Anda dan arahkan dada Anda menjauh dari lantai. Pertahankan posisi ini dengan menekankan tulang kemaluan Anda pada permukaan lantai. Tekan tulang ekor Anda ke arah tulang kemaluan. Jaga posisi tersebut dengan seimbang, namun jangan sampai otot pantat Anda mengeras, ya, B’timers.

Nah, itulah beberapa pose yoga yang memiliki kemampuan dalam meningkatkan kapasitas paru-paru, B’timers! (NO)



artikel kompilasi
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE