Tidak Makan Daging Turunkan Berat Badan? | Breaktime
Tidak Makan Daging Turunkan Berat Badan, Benarkah?
18.03.2016

Beberapa dari B’timers pasti pernah mendengar bahwa mengurangi konsumsi daging akan berdampak pada penurunan berat badan Anda. Memang, sih, terdapat gaya hidup yang sama sekali tidak mengonsumsi daging yang disebut vegetarian. Tetapi, benarkah tidak makan daging turunkan berat badan?

Daging tinggi akan lemak

Pada dasarnya mayoritas daging mengandung lemak, termasuk lemak jenuh yang tidak baik bagi kesehatan B’timers. Lemak jenuh yang dikandung oleh daging juga memiliki kandungan kalori yang tinggi. Lemak jenuh berisiko pula menimbulkan banyak penyakit seperti jantung koroner jika terlalu banyak dikonsumsi.

Tidak Makan Daging Turunkan Berat Badan? | Breaktime
Porsi yang disajikan biasanya berlebihan, maka waspadalah!

Apalagi porsi yang B’timers konsumsi atau yang disajikan di rumah makan, biasanya jauh lebih banyak daripada anjuran konsumsi daging harian. Jadi, dapat dibenarkan jika tidak makan daging turunkan berat badan, terutama daging berlemak jenuh dan daging olahan.

Lalu, menjadi vegetarian dapat menurunkan berat badan?

Menjadi seorang vegetarian berarti B’timers harus siap dengan konsekuensi sama sekali tidak memakan daging. Beberapa pelaku vegetarian diet memang menunjukkan penurunan berat badan yang signifikan. Sayangnya pemikiran tersebut adalah salah. Vegetarian diet bukanlah sebuah cara untuk menurunkan berat badan, tetapi sebuah gaya hidup yang dipilih oleh sebagian orang.

Tidak Makan Daging Turunkan Berat Badan? | Breaktime
Meskipun vegetarian tetap harus mengontrol kalori yang masuk dalam tubuh

Penurunan berat badan dalam pelaku vegetarian dapat bervariasi sesuai dengan bentuk dan jumlah kalori yang masuk. Meskipun tidak mengonsumsi daging, beberapa makanan hasil hewani seperti susu, keju, es krim, dan yogurt justru berisiko memiliki jumlah kalori lebih besar. Walaupun menjadi seorang vegetarian tetapi pola makan Anda tidak terkendali, maka penurunan berat badan akan sulit B’timers raih.

Makanan pengganti daging

Daging merupakan sumber protein yang cukup tinggi bagi tubuh Anda. Mengurangi secara total konsumsi daging demi penurunan berat badan justru akan mengurangi massa otot tubuh B’timers, bukan kadar lemak. Maka dari itu, Anda harus mengurangi konsumsi daging secara bijak dengan cara menggantinya dengan beberapa makanan sehat lainnya.

Beberapa makanan yang tinggi protein seperti kacang kedelai dan aneka kacang-kacangan dapat menjadi pilihan B’timers untuk menjaga asupan protein tubuh tetap stabil. Telur dapat menjadi solusi bagi Anda untuk memberikan asupan vitamin, mineral sekaligus protein. Namun, batasi telur maksimal 2 butir setiap harinya.

Tidak Makan Daging Turunkan Berat Badan? | Breaktime
Selain daging, masih banyak makanan sehat tinggi protein lainnya

Produk olahan susu dapat pula B’timers konsumsi untuk memberikan asupan kalsium dan protein. Pastikan Anda memilih olahan susu yang rendah lemak. Mengurangi asupan daging merah bukan berarti sama sekali tidak makan daging sama sekali. Pilih daging ikan laut seperti salmon dan sarden yang kaya akan omega 3 sekaligus rendah kalori.

B’timers sudah paham, kan, bahwa memang dapat dibenarkan tidak makan daging turunkan berat badan, tetapi lebih bagaimana mengatur pola makan dan banyaknya kalori yang masuk tersebut justru dapat mengurangi berat badan. Hitung kebutuhan kalori harian dan konsumsi makanan minuman sesuai dengan kebutuhan kalori harian B’timers. Barengi dengan olahraga teratur maka impian akan turunnya berat badan akan segera terwujud. (ft)

Share This Article