Waspada Obesitas yang Berpengaruh Berbagi Jenis Kanker | Breaktime
The Devil’s Triangle: Stres, Obesitas dan Kanker
03.07.2015

Tak dapat diragukan lagi apabila obesitas banyak dikaitkan dengan berbagai jenis kanker, mulai dari kanker payudara, kanker tiroid, sampai dengan kanker pankreas. Selain karena faktor bawaan, obesitas juga disebabkan karena beberapa faktor yang salah satunya adalah stres.

Apabila dikaitkan dari sumber awalnya, maka dapat dikatakan bahwa ketiga hal tersebut, stres, obesitas dan kanker merupakan devil’s triangle yang memiliki kaitan satu dengan lainnya. Pasti B’timers akan sedikit mengerutkan dahi. Apa hubungan ketiganya? Well, mari kita kupas satu persatu.

Selama bertahun-tahun, stres selalu dihubung-hubungkan dengan kenaikan berat badan seseorang yang mengakibatkan orang tersebut mengalami obesitas. Menurut data penelitian dari American Dietetic Association, ada reaksi biochemical alami yang dapat memicu obesitas ketika seseorang sedang stres atau depresi.

Stres ternyata bisa picu kanker
Stres ternyata bisa picu kanker

Para peneliti menemukan bahwa ada beberapa hormon yang membuat seseorang akan craving terhadap makanan ketika stres, antara lain serotonin yang akan membuat tubuh merasa tenang, cortisol yang akan membuat tubuh rileks, dan neuropeptide Y yang menyebabkan seseorang akan terasa lapar dan ingin terus mengunyah yang memicu penggumpalan lemak dalam tubuh.

Setelah berat badan tidak lagi dapat dikendalikan, maka risiko kanker akan semakin tinggi. Hal tersebut disebabkan, jumlah jaringan lemak berlebih dalam tubuh justru memicu sel kanker dapat tumbuh dan berkembang dengan cepat dan agresif.

Bahkan menurut hasil penelitian oleh pakar medis dari Fred Hutchinson Cancer Research Center, Seattle, Amerika Serikat, wanita dengan berat badan melebihi body mass index (BMI) rata-rata, lebih berisiko untuk terjangkit kanker payudara triple-negatif atau triple-negative breast cancers.

Triple-negative breast cancers sendiri merupakan sel kanker payudara yang tidak mempunyai satupun dari 3 reseptor atau penerima yang biasanya ditemukan pada sel-sel kanker payudara pada umumnya, seperti estrogen receptors (ER-), progesterone receptors (PR-) dan HER2 (HER2-).

Nah B’timers, jangan memperhatikan berat badan hanya karena ingin tampil memukau. Yang terpenting, miliki badan sehat agar obesitas tak menyerang dan risiko kanker pun bisa terhindarkan.

Share This Article