Olahraga Aman yang Dianjurkan untuk Ibu Hamil | Breaktime
Tetap Aktif saat Hamil dengan 3 Olahraga Berikut
30.07.2015

Olahraga merupakan kegiatan sangat bermanfaat untuk kesehatan, bahkan bagi ibu hamil sekalipun. Hebatnya lagi, olahraga juga bisa meningkatkan suasana hati wanita hamil, memperbaiki kualitas tidur, serta mengurangi sakit dan nyeri yang diakibatkan semakin besarnya kandungan. Tidak hanya itu saja, rutin melakukan olahraga saat hamil juga bisa memperkuat otot panggul yang akan mempermudah proses persalinan.

Lalu olahraga apa saja yang aman dilakukan saat hamil? Ini dia informasinya:

Jalan kaki

Berjalan kaki sangat baik untuk ibu hamil
Berjalan kaki sangat baik untuk ibu hamil

Salah satu olahraga terbaik yang sempurna untuk ibu hamil adalah berjalan kaki. Dengan berjalan kaki secara rutin, kesehatan sang ibu akan selalu terjaga. Olahraga satu ini juga sangat mudah dilakukan dan tidak membutuhkan peralatan apapun kecuali sepatu yang nyaman digunakan.

Berenang

Berenang akan membuat tubuh terasa enteng
Berenang akan membuat tubuh terasa enteng

Selain berjalan kaki, berenang juga termasuk jenis olahraga yang sangat aman dilakukan oleh ibu hamil. Berenang bisa memeperkuat otot-otot bagian lengan dan tangan serta membuat para ibu hamil yang memiliki bobot badan berlebih merasa lebih ‘ringan’.

Yoga

Yoga, salah satu pilihan olahraga terbaik untuk ibu hamil
Yoga, salah satu pilihan olahraga terbaik untuk ibu hamil

Menurut Dr. Many Alvarez dari Hackensack University Medical Center, prenatal yoga masuk ke dalam olahraga terbaik pada masa kehamilan. Saat melakukan prenatal yoga, ada tiga hal dasar yang bisa dipelajari sekaligus; fleksibilitas, ketenangan mental, dan fokus pada pernafasan.

Tapi ingat B’timers, pastikan Anda berolahraga dengan didampingi pasangan atau instruktur yang berpengalaman. Selain itu, segera berisitirahatlah saat tubuh merasa kelelahan. Selamat berolahraga!

Share This Article