Ternyata Warna Bisa Pengaruhi Pola Makan Kita | Breaktime
Ternyata Warna Bisa Pengaruhi Pola Makan Kita! Kok Bisa?
29.12.2015

B’timers sedang berusaha membakar lemak dan menurunkan berat badan? Faktor makanan tetap menjadi nomor satu dalam urusan diet. Dan, tahukah Anda? Warna makanan rupanya juga menjadi faktor yang bisa mempengaruhi rasa lapar. Hanya dengan melihat makanan sudah bisa membuat kita merasa tertarik atau tidak terhadap makanan tersebut.

Sebab, saat kita melihat warna makanan, tubuh akan bereaksi. Neuron pada otak yang bernama hypothalamus akan aktif dan memicu rasa lapar. Nah, seperti apa warna makanan dapat memicu reaksi tubuh kita?

Merah

Berdasarkan penelitian yang di-publish dalam jurnal ilmiah Appetite, orang akan mengonsumsi makanan dengan porsi lebih sedikit jika disajikan di piring berwarna merah. Sebab, warna merah identik dengan tanda bahaya, peringatan atau berhenti. Sebaliknya, makanan berwarna merah justru paling menggoda selera. Karena itulah, banyak logo restoran dan daftar menu yang menggunakan warna merah.

Kuning

Warna kuning juga dapat memicu rasa lapar dan nafsu makan, sebab kuning adalah warna yang melambangkan keceriaan. Saat melihat warna kuning, otak akan memproduksi lebih banyak serotonin, hormon yang memicu perasaan senang. Karena itulah jika Anda melihat warna kuning di penataan tempat duduk restoran, Anda langsung merasa optimis dan ingin makan besar.

Ternyata Warna Bisa Pengaruhi Pola Makan Kita | Breaktime
Warna makanan sangat mempengaruhi selera makan

Hijau

Warna hijau selalu identik dengan makanan yang sehat, baik makanan itu benar-benar bernutrisi atau tidak. Hanya melihatnya saja, membuat kita merasa yakin bahwa makanan itu pasti aman untuk dikonsumsi dan tak mungkin mengandung racun.

Putih

Makanan berwarna putih selalu dikaitkan dengan konsumsi yang berlebihan, apalagi jika itu makanan ringan atau snack. Anda cenderung mudah lupa bahwa makanan berwarna putih mengandung kalori dan ini bisa memicu Anda makan berlebihan tanpa sadar.

Warna makanan yang bisa membatasi makan Anda

Warna biru, hitam dan ungu sering dikaitkan dengan sesuatu yang beracun. Ini yang membuat makanan dengan warna-warna tersebut memicu Anda untuk menghindarinya. Selain itu, warna pink atau merah muda juga takkan meningkatkan selera makan Anda.

Sebab, warna tersebut identik dengan warna yang tak alami, serta membuat orang langsung teringat pada daging mentah atau pewarna buatan. Makanan berwarna abu-abu dan cokelat juga bisa menurunkan nafsu makan Anda saat melihatnya.

Begitulah cara warna mengendalikan nafsu makan Anda. Ternyata warna sangat berpengaruh terhadap selera makan ya, B’timers? (md)

Share This Article