Ternyata Usia Kulit Anda Jauh Lebih Pendek dari Usia Anda | Breaktime
Ternyata Usia Kulit Anda Jauh Lebih Pendek dari Usia Anda
13.06.2015

Mengonsumsi makanan manis yang terlalu banyak tidak hanya menyebabkan badan menjadi melar saja lho B’timers. Ternyata bisa membuat kulit cepat keriput. Asupan gula yang sangat tinggi dapat merusak kolagen yang bisa menjaga keremajaan kulit.

Menurut dermatologis Dr. Fredric Brandt, gula adalah musuh nomer satunya kulit. Gula dapat menimbulkan mata panda, membuat kulit cepat kusam, serta seperti yang telah dijelaskan dapat membuat cepat keriput. Ditambah lagi menurut, Francesco Clark, pendiri dan presiden direktur Botanical Clark, terlalu banyak mengonsumsi gula membuat kulit mengalami glikasi (proses di mana glukosa mengikat protein di kulit sehingga lebih kaku dan tak beraturan).

Proses glikasi dapat sebabkan AGEs (Advance Glycation End-product) menonaktifkan antioksidan dan menyerang kolagen. Dengan kata lain, jika sang penghambat aging dinonaktifkan, radikal bebas dengan mudahnya dapat menyerang tubuh sewaktu-waktu.

Gula tidak hanya membuat kulit keriput juga menimbulkan mata panda
Gula tidak hanya membuat kulit keriput juga menimbulkan mata panda

Selain itu, Dr Nicholas Perricone, seorang penulis dan juga ahli kecantikan kulit juga mengatakan bahwa gula dapat membuat ledakan peradangan terjadi di seluruh tubuh. Oleh karena itu ia menyerankan untuk mengurangi asupan gula yang berlebih.

Asosiasi Makanan dan Obat Amerika Serikat memberikan batasan asupan gula untuk wanita tak lebih dari 25 gram atau 6 sendok teh per hari. Sedangkan untuk para pria, konsumsilah gula tidak lebih dari 37, 5 gram atau sembilan sendok teh per hari.

Untuk menghindari bahaya yang ditimbulkan dari pengonsumsian gula berlebih, Perricone menyarankan untuk memangkas jumlah yang masuk ke dalam tubuh. Bahkan, ia menyarankan untuk mengganti hidangan penutup seperti kue atau bahan manisan lainnya dengan sepotong buah segar.

Selain gula, hal lain yang bisa menyebabkan kulit menua dengan sangat cepat adalah rokok. Merokok akan membuat sel di dalam tubuh tidak bisa beregenerasi dengan baik, akibatnya kulit menjadi kusam dan menua. Untuk sebab itu BIG NO NO terhadap gula berlebih dan rokok!

Share This Article