Ternyata Olahraga Malam Hari Jauh Lebih Baik? | Breaktime
Ternyata Olahraga Malam Hari Jauh Lebih Baik, Benarkah?
21.07.2016

Semua orang tahu betapa pentingnya untuk menyesuaikan beberapa latihan dalam seminggu di tengah jadwal bekerja yang sibuk. Tapi, sekarang pemilihan waktu olahraga juga sangat berperan penting dalam menentukan efektivitas. Pemahaman orang selama ini olahraga di pagi hari adalah yang terbaik, Namun, laporan terbaru menemukan bahwa ada kelebihan olahraga di malam hari dibanding pagi hari.

Mereka menemukan bahwa metabolisme tubuh tampaknya akan beradaptasi lebih baik secara rutin dan membuat tubuh selalu fit jika berolahraga di sore atau malam hari. Dalam sebuah penelitian di  Clinical Research Centre dari Universitas Chicago, mereka mengumpulkan 40 pria sehat berusia antara 20 dan 30 dan dibagi menjadi lima kelompok.

Ternyata Olahraga Malam Hari Jauh Lebih Baik? | Breaktime
Jangan lupa gunakan pelindung untuk menghindari cedera

Empat tim diminta melakukan olahraga dengan penuh semangat selama satu jam pada mesin langkah di pagi, siang, sore atau malam hari, sedangkan kelima tidak berolahraga sama sekali.

Kemudian diambil sampel darah dari semua relawan yang ternyata menunjukkan bahwa tingkat dua hormon endokrin-kortisol dan thyrotropin meningkat jauh lebih pada mereka yang olahraga di sore hari atau malam hari. Para ilmuwan juga menemukan salah satu kelebihan olahraga di malam hari  adalah bahwa kadar glukosa menurun jauh lebih dalam mata pelajaran yang sama.

Peneliti utama Dr Orfeu Buxton mengatakan, “Ini adalah tanda-tanda bahwa metabolisme Anda beradaptasi dengan baik untuk olahraga teratur dan menunjukkan hal itu mungkin lebih baik untuk melatih setelah bekerja bukan hal pertama di pagi hari. “

Ternyata Olahraga Malam Hari Jauh Lebih Baik? | Breaktime
Meningkatkan metabolisme dengan olahraga di malam hari

Hasil tersebut seolah bisa memberi penjelasan mengapa atlet mampu tampil lebih baik pada waktu tertentu dalam sehari. Dr Buxton melanjutkan, “Ini adalah studi pertama yang melihat variasi dalam efek latihan pada empat waktu yang berbeda hari. Kami tidak berharap untuk melihat perbedaan besar tersebut. Namun nyatanya variasi dalam kadar hormon cukup besar di lihat dari waktu berlatih.”

Kesimpulannya, olahraga di malam hari dapat meningkatkan metabolisme tubuh lebih baik daripada di pagi hari. tentunya kelebihan olahraga di malam hari ini cukup bermanfaat untuk Anda yang sedang dalam program penurunan berat badan. Well, selamat membuktikan, ya! (nap)

Share This Article