Ternyata, Beda Tipe Tubuh Beda Juga Olahraganya! | Breaktime
Ternyata, Beda Tipe Tubuh Beda Juga Olahraganya!
10.09.2015

Apakah B'timers pernah merasakan nyeri di pinggang atau sakit tidak tertahankan di kaki? Mungkin saja hal ini disebabkan oleh olahraga yang sedang Anda jalani. Menurut psikolog dari Harvard University, Dr William H. Sheldon, postur tubuh seseorang dibagi menjadi 3 jenis dan masing-masing tipe memiliki kecocokan tersendiri terhadap suatu olahraga.

Nah, sebelum memilih olahraga yang tepat, kenali dulu postur tubuh yang Anda miliki:

1. Ectomorph

Tipe tubuh ectomorph memiliki ciri-ciri kurus, tinggi, dan otot tubuh tidak terlalu besar. Oleh karena itu, seseorang dengan postur tubuh ini tidak cocok melakukan olahraga berat seperti tinju atau angkat beban karena berisiko cedera lebih besar. Olahraga yang cocok untuk tipe ini adalah senam dan yoga.

Olahraga sesuai postur tubuh memberikan hasil yang lebih maksimal
Olahraga sesuai postur tubuh memberikan hasil yang lebih maksimal

2. Mesomorph

Mesomorph merupakan tipe tubuh yang tergolong proporsional dengan otot dan berat badan seimbang. Seseorang dengan postur tubuh ini sangat mudah sekali untuk memperbesar otot, menambah atau menurunkan berat badan, serta mampu mempertahankan besar kecilnya otot tanpa harus melakukan olahraga secara rutin. Olahraga yang cocok untk tipe tubuh ini adalah berenang, latihan kardio, dan angkat beban.

3. Endomorph

Seseorang dengan postur tubuh ini memiliki ciri-ciri kaki dan lengan yang pendek, berat badan yang mudah naik, dan tinggi badan yang sulit bertambah. Masa otot yang dimiliki juga kecil, namun bisa diasah dengan olahraga yang tepat. Olahraga berat sangat cocok untuk Anda yang memiliki tipe postur tubuh ini. Selain membuat tubuh sehat, olahraga berat seperti bersepeda, berlari, dan panjat tebing sangat efektif untuk membakar lemak yang ada di beberapa bagian tubuh.

Kalau sudah tahu jenis postur tubuh Anda, segera lakukan olahraga yang tepat supaya bisa mencapai bentuk dan berat badan yang ideal. Selamat berolahraga, B’timers!

Share This Article