Ternyata Ada Olahraga yang Bagus untuk Kulit! | Breaktime
Ternyata Ada Olahraga yang Bagus untuk Kulit, Lho!
08.05.2016

Kabar bahagia datang untuk Anda yang hobi dan rutin berolahraga. Tidak hanya meningkatkan kesehatan, ternyata olahraga bagus untuk kulit juga, lho! Laporan ini berdasarkan sebuah studi baru dari McMaster University di Kanada yang melaporkan bahwa olahraga dapat menjaga kulit Anda tampak lebih muda dan bahkan mungkin berperan penting dalam untuk membantu menghalangi munculnya tanda-tanda penuaan.

Ya, penelitian tersebut melibatkan peserta dengan rentang usia 20 hingga 84 tahun dengan bandingkan kulit mereka yang berolahraga setidaknya tiga jam setiap minggu dengan mereka yang sangat jarang atau sama sekali tidak melakukan olahraga. Studi ini menemukan bahwa orang yang berolahraga memiliki kulit yang tampak terasa lebih muda dibandingkan dengan mereka yang tidak berolahraga. Uniknya tidak hanya untuk mereka yang masih mudah temuan ini dapat diterapkan untuk peserta dari berbagai usia.

Ternyata Ada Olahraga yang Bagus untuk Kulit! | Breaktime
Itulah kenapa mereka yang rajin olahraga cenderung awet muda

Olahraga apa yang bagus untuk kulit?

Untuk membuktikan efek olahraga bagus untuk kulit, peneliti berfokus pada satu bagian tubuh yaitu (maaf) pantat dari setiap peserta. Pertimbangannya, karena daerah ini adalah bagian tubuh yang cenderung kurang memiliki paparan sinar matahari. Ini juga bertujuan untuk mengingatkan Anda agar selalu selalu memakai tabir surya ketika berolahraga di bawah paparan sinar matahari untuk mencegah penuaan dini pada kulit sekalipun yang tidak terkena sinar matahari!

Ternyata Ada Olahraga yang Bagus untuk Kulit! | Breaktime
Olahraga indoor baik untuk kulit

Namun, penelitian ini tidak berhenti di situ. Peneliti mengambil langkah lebih lanjut dengan mengambil sampel kulit dari kelompok peserta dan kemudian meminta mereka untuk mulai berolahraga. Tiga bulan kemudian ketika mereka membandingkan kulit mereka sebelum dan sesudah berolahraga 3 bulan. Mereka menemukan bahwa kulit lapisan luar dan dalam telah meningkat, yang mengarah ke penampilan yang lebih muda.

Mereka juga menekankan bahwa tidak semua olahraga bagus untuk meningkatkan kualitas kulit, apalagi jika olahraga dilakukan di bawah terik matahari. Menurut penelitian itu, kulit akan menjadi lebih sehat dan cantik jika berolahraga di dalam ruangan namun tetap mengeluarkan keringat seperti jogging di atas treadmill. Beberapa peserta yang melakukan olahraga indoor ternyata memiliki peningkatan kulit yang lebih baik dibanding yang berolahraga di luar ruangan dan terkena matahari.

Well, meskipun ini adalah studi yang sangat kecil, tapi laporan tersebut menjanjikan berita baik untuk mereka yang rajin olahraga dan yang tidak pernah olahraga agar lebih perhatian pada gaya hidup sehat, bukan? Karena olahraga bagus untuk kulit, mengapa tak rutin melakukannya mulai sekarang, B’timers? (nap)

Share This Article