Terlalu Kurus? Ini Tips Naikkan Berat Badan | Breaktime
Terlalu Kurus? Ini Tips Naikkan Berat Badan
17.02.2016

Apakah Anda pernah diberitahu bahwa tubuh Anda terlalu kurus, B’timers? Anda mungkin termasuk wanita yang memakan semua hidangan yang tersaji di meja makan, namun tidak bertambah gemuk. Meskipun sudah melakukan ribuan cara untuk mendapatkan berat badan ideal, tidak satupun yang berhasil.

Well, di saat sebagian besar wanita menganggap berat badannya terlalu gemuk hingga melakukan diet ketat, di sisi lain wanita bertubuh tubuh kurus justru ingin menambah berat badan agar seksi. Menjadi kurus memang menimbulkan beberapa resiko kesehatan, B’timers. Termasuk kekurangan gizi, gangguan tulang, anemia hingga menurunkan kekebalan tubuh. Dan berikut tips menambah berat badan secara sehat yang bisa Anda lakukan, B’timers.

Langkah 1

Pilihlah menu yang bervarietas setiap kali makan, mulai dari karbohidrat, protein, lemak, sayuran, hingga mineral. Opsi tersebut memastikan tubuh mendapatkan asupan gizi yang cukup. Jangan lupa pula untuk menyiapkan buah-buahan dan olahan susu untuk meningkatkan asupan kalori dengan makanan sehat.

Terlalu Kurus? Ini Tips Naikkan Berat Badan | Breaktime
Segelas susu setiap sebelum makan

Langkah 2

Makanlah 5 sampai 6 kali setiap hari. Jika Anda termasuk wanita yang ingin menambah berat badan, makanlah dengan sering, B’timers. Dan usahakan setiap kali makan, menu Anda harus mengandung setidaknya 3 kelompok makanan, misalnya roti gandum dengan selai kacang, pisang dan segelas susu bisa menjadi pilihan sehat.

Langkah 3

Pastikan yang Anda konsumsi tidak hanya ideal untuk kenaikan berat badan, tetapi juga padat gizi, sehingga memberikan kontribusi untuk kebutuhan vitamin dan mineral. Salmon, alpukat, kacang-kacangan atau keju bisa Anda pilih. Selain itu saat memasak makanan, tambahkan minyak zaitun, keju parut untuk sup dan salad, atau alpukat tumbuk sebagai topping sandwich Anda.

Langkah 4

Bahagialah Anda yang menginginkan berat badan naik, B’timers! Makan camilan di sela-sela waktu makan ternyata merupakan cara terbaik untuk meningkatkan asupan kalori harian Anda, lho. Anda bisa menyiapkan selai kacang dan jelly sandwich, daging tanpa lemak dengan keju dibungkus tortilla, atau kacang-kacangan dengan keju. Hmm, it’s snacking time!

Terlalu Kurus? Ini Tips Naikkan Berat Badan | Breaktime
Roti dengan salmon dan keju untuk camilan

Langkah 5

Anda juga boleh membuat smoothie untuk menemani camilan di sore hari. Campuran yogurt atau susu dengan 100 % jus buah dapat membantu menambah berat badan Anda. Selai kacang juga termasuk bahan yang sehat jika Anda tambahkan ke dalam smoothie dengan campuran berbagai buah, lho, B’timers.

Langkah 6

Gunakan topping kaya kalori pada makanan favorit Anda. Taburi telor orak-arik dengan parutan keju, atau tambahkan susu untuk sup. Selain itu Anda juga dapat memberikan keju saat memanggang kentang atau sayuran lainnya. Cairkan sedikit mentega pada salad atau roti panggang, dan tambahkan sepotong keju atau alpukat tumbuk untuk sandwich.

Langkah 7

Dan jangan lupakan latihan fisik ya, B’timers? Hal ini mungkin tampaknya berlawanan dengan tujuan Anda, tetapi olahraga dapat meningkatkan massa otot, yang juga dapat membantu Anda meningkatkan berat badan. Berenang, bersepeda, atau angkat beban ringan bisa Anda praktekkan setiap hari. Dengan rutin berolahraga, nafsu makan Anda pun akan meningkat, sehingga dapat membantu mencapai berat badan yang Anda inginkan.

Terlalu Kurus? Ini Tips Naikkan Berat Badan | Breaktime
Pilih renang atau angkat beban?

Selain itu, segera ubah gaya hidup tidak sehat Anda, B’timers. Seperti merokok dan minuman beralkohol, jika Anda ingin mendapatkan berat badan ideal. (NO)

Share This Article