Terkuak! Ada Manfaat Bangun Siang di Akhir Pekan
Terkuak! Ada Manfaat Bangun Siang di Akhir Pekan
21.07.2017

FUN FACT QUESTION

Jawaban Kamu Salah

tidur lebih lama pada akhir pekan menawarkan manfaat kesehatan bagi tubuh kita



Wah, akhir pekan sudah menjelang, nih, B’timers. Bagi sebagian besar dari Anda sudah membayangkan inilah waktu yang paling tepat untuk melakukan balas dendam setelah sepekan lamanya tubuh kurang tidur karena harus bangun lebih pagi. Bahkan tidak jarang kita harus pergi tidur sangat larut demi untuk menyelesaikan tugas kantor yang penting.

Ada banyak penelitian yang mengungkapkan bahwa kebiasaan balas dendam untuk tidur lebih lama di setiap akhir pekan memberikan dampak buruk untuk kesehatan. Yang paling mengerikan adalah, ketika kita memutus rutinitas dari hari-hari kerja dengan bangun lebih siang di akhir pekan, akan memberikan dampak buruk pada kesehatan, seperti kegemukan dan masalah lainnya.

Eits, padahal hal tersebut tidaklah sepenuhnya benar, lho, B’timers. Karena ternyata menurut penelitian yang telah diterbitkan di dalam jurnal Sleep, seperti yang dilansir dari Cosmopolitan Amerika Serikat ini, mengungkapkan jika tidur lebih lama pada akhir pekan menawarkan manfaat kesehatan bagi tubuh kita, lho. Wow, tentunya kabar ini terdengar sangat menyenangkan!

Nah, pola tidur dari sekitar 2 ribu peserta dewasa yang digunakan di dalam penelitian tersebut ternyata mengungkapkan fakta yang cukup mengejutkan, B’timers. Hasilnya adalah, orang-orang yang mendapat terlalu sedikit waktu tidur di sepanjang hari kerja, kemudian melakukan balas dendam pada akhir pekan, memiliki BMI atau Body Mass Indexes yang jauh lebih rendah dibandingkan yang bangun tepat waktu.

Kurang tidur bisa sebabkan terganggunya konsentrasi
Kurang tidur bisa sebabkan terganggunya konsentrasi

Alasan seebenarnya dari hasil penelitian yang cuku mengejutkan ini diungkapkan oleh para peneliti, jika jam tidur yang lebih lama di akhir pekan sangat membantu untuk menjaga sistem metabolisme di dalam tubuh Anda, B’timers. Nah, dengan fakta yang satu ini, dengan Anda tidur lebih lama di akhir pekan bisa membantu Anda terhindar dari risiko obesitas atau kelebihan berat badan.

Menurut para peneliti, dengan semakin lama Anda tidur, maka akan semakin sehat juga tubuh Anda. Hal ini disebabkan karena tubuh mendapatkan porsi istirahat yang dibutuhkannya, B’timers. Dengan waktu tidur yang cukup, memungkinkan Anda juga menerapkan pola dan gaya hidup yang sehat, seperti rutin melakukan latihan fisik dan mengonsumsi makanan serta minuman yang menyehatkan bagi tubuh.

Namun hasilnya akan sangat berbeda jika Anda begadang demi menyelesaikan drama romantis favorit Anda, lho, B’timers! (NO)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE